Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hat-trick" Dangda Antar Thailand ke Semifinal

Kompas.com - 27/11/2012, 22:26 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com — Thailand memastikan diri melaju ke babak semifinal Piala AFF 2012 setelah membungkam Myanmar 4-0 pada lanjutan penyisihan Grup A di Stadion Rajamangala, Selasa (27/11/2012). Hasil ini tidak terlepas dari penampilan gemilang bomber Teerasil Dangda yang menciptakan hat-trick pada pertandingan ini.

Kemenangan ini membuat tim "Gajah Putih" kokoh di puncak klasemen dengan mengoleksi enam angka, unggul tiga angka dari Filipina dan lima angka dari Vietnam serta Myanmar. Tiga tim tersebut akan memperebutkan satu tiket semifinal yang tersisa pada pertandingan terakhir, Jumat (30/11/2012) nanti.

Thailand mampu unggul terlebih dulu berkat gol yang diciptakan Teerasil Dangda pada menit ke-19. Begitu menguasai bola di dalam kotak penalti, Teerasil langsung melepaskan tembakan keras yang gagal diantisipasi kiper Myanmar, Thiha Si Thu.  

Tim "Negeri gajah Putih" terus tampil menekan. Sebuah tembakan keras dari Phitchitphong Choeichiu nyaris bersarang ke gawang Myanmar seandainya Thinha Si Thu tak sigap menepis bola pada menit ke-33.

Thinha Si Thu kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis umpan silang yang dilepaskan  Sumanya Purisay jelang turun minum. Ini menjadi peluang terakhir bagi tim besutan Winfried Schafer pada babak ini.

Selepas jeda, Teerasil kembali melepaskan ancaman berbahaya ke gawang Myanmar pada menit ke-50. Menguasai umpan dari Sumanya Purisay, Teerasil langsung melepaskan tembakan keras. Apes, tembakan masih gagal mengenai sasaran.

Stadion Rajamangala baru bergemuruh setelah Apipoo Suntornpanavej mencetak gol pada menit ke-60. Umpan silang yang dilepaskan Anucha Kitpongsari berhasil ditanduk keras oleh Apipoo menaklukkan Thiha Si.

Unggul 2-0, Thailand belum puas. Mereka terus menggempur Myanmar. Alhasil, Teerasil kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-80. Dari tengah lapangan, Theerathon Butmathan melepaskan umpan panjang. Teerasil yang lepas dari kawalan lawan mengejar bola dan langsung melepaskan tembakan keras yang bersarang ke sisi kanan gawang Myanmar.

Berselang sembilan menit kemudian, Teerasil mencatatkan hat-trick. Tendangan kaki kanan penyerang berusia 24 tahun tersebut kembali tak mampu digagalkan Thiha Si Thu.  Gol itu sekaligus memateraikan kemenangan Thailand empat gol tanpa balas.

Susunan Pemain
Myanmar:
10-Thiha Si Thu; 3-Zaw Min Tun, 6-Yan Aung Kyaw, 7-Khin Maung Lwin, 8-Kyi Lin, 10-Yan Paing, 13-Pyaye Pyho Aung, 14-David Htan, 19-Naing Lin Oo, 26-Aung hein Kyaw, 27-Zaw Zaw Oo
Pelatih: Park Sung Wha
Thailand: 1-Kawin Thamsatchanan; 2-Panupong Wongsa, 3-Theerathon Butmathan, 4-Chonlatit Jantakam, 8-Sumanya Purisay, 10-Teerasil Dangda, 11-Anucha Kitpongsari, 12-Adul Lahsoh, 16-Jakkapan Pornsai, 19-Phitchitphong Choeichiu, 21-Piyaphon Buntao
Pelatih: Winfried Schafer

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com