Mantan Bintang Barca Dipenjara - Kompas.com

Mantan Bintang Barca Dipenjara

Kompas.com - 14/11/2012, 04:55 WIB

BUCHAREST, KOMPAS.com - Mantan bek timnas Romania dan juga Barcelona, Gheorghe Popescu, dijatuhi hukuman tiga tahun penjara, sebagai bagian dari skandal korupsi yang melibatkan sejumlah nama berpengaruh dalam komunitas sepak bola negara itu.

Hukuman terhadap Popescu itu diputuskan Pengadilan Tinggi Romania, Senin (12/11/2012). April lalu, pria berusia 45 tahun itu sempat dibebaskan dari segala tuduhan penggelapan uang, pajak, dan pencucian uang.

Popescu, bersama sejumlah terdakwa lainnya, dituduh tak mengungkapkan dana transfer total yang diterima, setelah menjual para pemain ke beberapa klub asing dalam rentang 1999 hingga 2005.

Transfer Nicolae Mitea dan Cosmin Contra dari Dinamo Bucharest ke Ajax Amsterdam dan Alaves termasuk dalam kasus tersebut.

Hukuman Popescu bukan yang terberat. Masih ada mantan Presiden Eksekutif Dinamo, Cristian Borcea, yang dikenai sanksi tujuh tahun di hotel prodeo. Selain itu, masih ada George Copos --pemegang saham mayoritas Rapid Bucharest-- dijatuhi hukuman lima tahun penjara.

Direktur Steaua Bucharest, Mihai Stoica, juga dipenjara empat tahun, dengan pengurangan hak dalam tiga tahun pertama.

Semua terdakwa dapat mengajukan banding ke Mahkamah Agung Romania.

 

EditorDaniel Sasongko

Close Ads X