Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Keempat Kali, Lionel Messi...

Kompas.com - 31/10/2012, 02:48 WIB

Messi lagi... Messi lagi.... Tapi, apa sih yang tidak untuk Lionel Messi? Bintang sepak bola Argentina itu kembali menjadi kandidat pemain terbaik FIFA untuk keempat kalinya, berturut-turut pula. Messi bersama 23 pemain spektakuler lain masuk daftar kandidat yang akan menerima penghargaan Ballon d’Or.

Barcelona dan Real Madrid adalah dua klub dengan pemain hebat bertebaran. Wajar jika ada banyak nama dari dua klub ini menjadi kandidat. Selain Messi, beberapa nama dari Barca meliputi Sergio Busquets, Andres Iniesta, Gerard Pique, dan Xavi Hernandez. Dari Real, ada enam kandidat nama masuk daftar, termasuk runner-up tahun lalu, Cristiano Ronaldo.

Sebelum kabar tentang Ballon d’Or ini, Messi meraih sepatu emas untuk kedua kali atas pencapaiannya mencetak gol terbanyak di liga-liga domestik di Eropa musim lalu. Masih ada catatan menarik lagi tentang Messi, yakni pada Sabtu pekan lalu ia mencetak gol ke-301 sepanjang kariernya di Barcelona dan di negaranya, Argentina. Messi melesakkan dua gol untuk Barca saat menggilas Rayo Vallecano, 5-0.

Messi kini meraih 73 gol sepanjang tahun 2012, hanya selisih dua gol dari Pele yang pada tahun 1959 membukukan 75 gol untuk Santos dan Brasil. Ia dua level di bawah pemegang rekor gol terbanyak dalam satu musim, Gerd Mueller, yang pada 1972 menorehkan 85 gol bagi Bayern Muenchen dan Jerman Barat.

Pelatih Barca Tito Vilanova menghujani Messi dengan ucapan selamat dan pujian. ”Saya kira kita tak akan melihat pemain seperti dia lagi. Bukan hanya soal gol-gol yang ia bidik, melainkan juga kemampuannya membaca pertandingan,” katanya.

Bagi Vilanova, Messi adalah contoh nyata pemain yang dilatih di La Masia, akademi remaja Barcelona, yang melenting sampai ke puncak. ”Ia adalah satu dari para pemain berkualitas yang akan sulit diproduksi Barca lagi,” tuturnya.

Vilanova juga memberikan selamat kepada Iniesta, yang dinobatkan menjadi pemain terbaik kejuaraan setelah Spanyol mengangkat trofi juara di Piala Eropa 2012.

Iniesta sebagai pemain kawakan di Barca juga diidolakan striker Paris Saint-Germain, Zlatan Ibrahimovic. Bagi Ibrahimovic, Iniesta lebih layak meraih Ballon d’Or tahun ini dibandingkan dengan Messi yang sudah mendapatkan tiga penghargaan serupa. Ibra menjadi kandidat penghargaan ini, juga Radamel Falcao, pencetak gol yang brilian sepanjang tahun ini untuk Atletico Madrid dan Kolombia. (AP/REUTERS/IVV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com