Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U-18 Targetkan Juarai Piala Pelajar Asia

Kompas.com - 08/10/2012, 21:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim nasional Indonesia U-18 akan berpartisipasi dalam kejuaraan Piala Pelajar Asia U-18 di Teheran, Iran, dari 16 hingga 25 Oktober mendatang.

Dalam turnamen yang diselenggarakan tiap tahun tersebut, skuad "Garuda Muda" akan memasang target tinggi yakni menjadi juara. Skuad timnas U-18 yang diikutsertakan dalam turnamen itu merupakan tim yang berhasil menjadi juara di turnamen Invitasi Hong Kong Internasional Youth Football Tournament (HKFA), Februari lalu. Mereka juga berhasil memetik kemenangan atas Arab Saudi 2-1 dalam pertandingan ujicoba di Malaysia beberapa waktu lalu.

"Untuk tahun ini, kami berharap ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Saya yakin, anak-anak akan tampil maksimal dan menjadi juara," ujar pelatih timnas U-18, Indra Sjafri, di Lapangan C Senayan, Jakarta, Senin (8/10/2012).

Timnas U-18 sendiri sudah menjalani pemusatan latihan (training camp/TC) sejak Kamis (4/10/2012) sebagai bagian dari persiapan mengikuti turnamen yang diikuti sejumlah negara kuat di Asia itu.

Saat ini, sudah ada 20 pemain yang bergabung di Jakarta.

"Hari ini, kami berlatih fisik dan taktik dengan bermain empat lawan empat di lapangan kecil, agar mereka bisa belajar bagaimana melakukan rotasi pergerakan. Besok baru akan dilanjutkan dengan team building. TC akan berakhir 10 Oktober nanti," ujar Indra.

Ditambahkannya, di tengah-tengah TC ini, skuad U-18 akan melakoni sejumlah laga ujicoba, salah satunya dengan tim Liga Junior Selection pada Rabu (10/8/2012). Uji coba tersebut akan digelar tiga tahap dengan interval 30 menit pada setiap babaknya.

"Karena, jumlah pemain Liga Junior Selection berjumlah 33 orang. Itu cukup baik, karena dapat menambah pengalaman anak-anak. Setelah itu, kami akan mencoba tim yang lebih kuat pada pertandingan selanjutnya," ungkap Indra.

Skuad Timnas Indonesia U-18:
Ravi Murdianto, Muhamad Aek Nabar, Ruli Desrian, Amirul Mukminin, Heri Setiawan, I Putu Gede, Sahrul Kurniawan, Didik Kurniawan, Eriyanto, Febly Gushendra, Zulfikar Lubis, M Hargianto, Poulo O. Sitanggang, Dio Permana, Muchlis Hadi Ning Saifulloh, Ilham Armaiyn, Sabeq Fahmi, Djali Hj. Ibrahim, Mariando DJ Uropmabin, Samsul Pelu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com