Kamis, 2 Oktober 2014

Bola / Liga Spanyol

Ronaldo "Hat-trick", Madrid Giling La Coruna 5-1

Senin, 1 Oktober 2012 | 02:49 WIB

 

MADRID, KOMPAS.com — Real Madrid meraih kemenangan 5-1 atas Deportivo La Coruna pada pertandingan Liga BBVA, di Santiago Bernabeu, Minggu (30/9/2012). Sebanyak tiga gol Madrid diciptakan Cristiano Ronaldo.

Tim tamu unggul lebih dulu melalui Riko pada menit ke-16. Setelah menguasai umpan Bruno Gamma, Riki melewati adangan Sergio Ramos, sebelum menaklukkan Iker Casillas dengan tendangan kaki kiri, yang membuat bola bersarang di sudut kanan bawah gawang.

Ronaldo membawa Madrid menyamakan kedudukan pada menit ke-23. Dipercaya mengeksekusi hadiah penalti buah pelanggaran Manuel Pablo kepada Angel Di Maria, Ronaldo menyepak bola ke sudut kiri bawah gawang, sementara Daniel Aranzubia melakukan aksi antisipasi ke arah sebaliknya.

Madrid membalik keadaan melalui Angel Di Maria pada menit ke-38. Setelah menguasai umpan terobosan Luka Modric di tengah kotak penalti, Di Maria melepaskan tendangan kaki kiri. Bola membentur tiang kiri gawang dan tampaknya akan menjauh dari sasaran. Di Maria mengejar bola dan berhasil menyundulnya masuk ke gawang, dalam kawalan seorang pemain lawan.

Pada menit ke-44, Madrid mendapatkan gol ketiga dari Ronaldo. Kali ini, Ronaldo membobol gawang La Coruna dengan sundulan dari jarak dekat, memanfaatkan bola hasil tembakan Sergio Ramos, yang ditepis Aranzubia.

Bek Pepe mengubah angka di papan skor menjadi 4-1 pada menit ke-66. Bermula dari bola mati, Xabi Alonso mengirimkan umpan ke tengah kotak penalti, yang disundul Pepe masuk ke sudut kanan bawah gawang Aranzubia.

Sekitar lima menit sebelum injury time, Ronaldo membobol gawang La Coruna dengan tembakan dari titik putih. Penalti diberikan karena bola hasil tembakan Kaka mengenai tangan Evaldo.

Madrid mendominasi pertandingan sejak awal. Meski tak mudah, mereka beberapa kali melakukan pergerakan yang berujung eksekusi. Pada menit ke-7 dan ke-11, misalnya, Di Maria dan Ronaldo melepaskan tembakan ke gawang. Sementara tembakan Di Maria meleset, eksekusi Ronaldo bisa dijinakkan Aranzubia.

Ronaldo kembali mencoba peruntungannya pada menit ke-14. Namun, bola hasil tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti meleset ke sisi kiri gawang.

Dua menit setelah La Coruna mendapatkan gol pada kesempatan pertama, Madrid melancarkan serangan yang berakhir dengan tembakan Di Maria. Usaha Di Maria kali ini kembali hanya membuahkan tendangan gawang.

Setelah gol Ronaldo, Madrid tampak semakin rajin menekan, tetapi La Coruna bisa membaca pergerakan Madrid dan menutup ruang. Gawang La Coruna pun nyaris tak terancam, hingga mereka kecolongan umpan terobosan Luka Modric, yang berujung gol Di Maria.

Memasuki lima menit terakhir babak pertama, Madrid menciptakan dua peluang, yaitu tembakan Ramos, yang ditepis Aranzubia, dan kemudian diloloskan ke dalam gawang oleh Ronaldo.

Pada babak kedua, Madrid nyaris tak memberikan kesempatan tim tamu melawan. La Coruna mampu bertahan dengan baik selama 15 menit pertama babak kedua, tetapi setelahnya mulai kesulitan meredam gempuran tuan rumah.

Sebelum gol Pepe, misalnya, Alonso melepaskan tembakan, yang berujung tendangan sudut akibat aksi Aranzubia. Pada menit ke-76, giliran tembakan Karim Benzema yang dijinakkan Aranzubia.

Semenit setelahnya, Kaka dan Ronaldo membangun serangan balik, yang berujung tembakan Kaka. Namun, tembakan itu kembali kandas di tangan Aranzubia.

Menurut catatan Liga BBVA, selama pertandingan, Madrid menguasai bola sebanyak 62 persen dan menciptakan 12 ancaman serius ke gawang La Coruna, sementara La Coruna melepaskan dua tembakan akurat.

Susunan pemain
Madrid:
1-Iker Casillas; 2-Raphael Varane, 3-Pepe, 4-Sergio Ramos, 12-Marcelo; 6-Sami Khedira, 7-Cristiano Ronaldo, 19-Luka Modric (14-Xabi Alonso 58), 22-Angel Di Maria; 10-Mesut Oezil (8-Kaka 46), 20-Gonzalo Higuain (9-Karim Benzema 65)

La Coruna: 1-Daniel Aranzubia; 2-Manuel Pablo (15-Laure 46), 3-Evaldo, 5-Ze Castro, 24-Carlos Marchena; 4-Alex Bergantinos, 9-Pizzi, 14-Abel Enrique Aguilar Tapias, 16-Bruno Gama; 10-Juan Dominguez (18-Javier Camunas 70), 11-Riki (25-Nelson Miguel Castro Oliveira 56)

Wasit: Ayza Gamez


Editor : Tjatur Wiharyo