Minggu, 23 November 2014

Bola / Liga Champions

Messi Selamatkan Barca di Camp Nou

Kamis, 20 September 2012 | 04:10 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com — Penyerang Lionel Messi mencetak dua gol yang menentukan kemenangan Barcelona 3-2 atas Spartak Moskwa pada pertandingan pertama Grup G Liga Champions, di Camp Nou, Rabu (19/9/2012).

Barcelona unggul lebih dulu melalui Cristian Tello pada menit ke-14. Dari luar kotak penalti, ia melepaskan tendangan kaki kanan yang membuat bola kiriman Xavi melesat masuk ke sudut kiri bawah gawang Andriy Dykan.

Pada menit ke-29, Barcelona kehilangan keunggulan akibat gol bunuh diri Dani Alves. Alves meloloskan bola ke gawang sendiri ketika mencoba mengantisipasi umpan silang Emmanuel Emenike.

Spartak berbalik unggul pada menit ke-59 berkat Romulo. Dalam sebuah serangan balik, Aiden McGeady menggiring bola dan mengakhiri pergerakannya dengan melepaskan umpan kepada Romulo. Romulo berhasil menjangkau bola dan menaklukkan Valdes dengan tendangan kaki kanan dari jarak dekat.

Messi membuat kedudukan imbang pada menit ke-71. Setelah menguasai umpan silang Pedro, Tello menggiring bola melewati McGeady dan menggulirkan bola ke tengah kotak penalti, yang ditembakkan Messi masuk ke gawang Dykan.

Sembilan menit setelahnya, Messi mencetak gol penentu kemenangan Barcelona. Kali ini, ia menaklukkan Dykan dengan sundulan, memanfaatkan umpan silang Alexis Sanchez.

Barcelona mengalami kesulitan menciptakan peluang dan beberapa kali terancam pada 30 menit pertama. Selama periode itu, mereka melepaskan tiga tembakan yang meleset, kecuali tembakan Tello pada menit ke-14.

Performa mereka membaik selepas menit ke-35. Selain bisa meredam serangan Spartak, mereka bisa meningkatkan jumlah tembakan akurat. Pada menit ke-37 dan ke-45, misalnya, Cecs Fabregas melepaskan tembakan titis, yang kandas di tangan Dykan.

Permainan berlangsung lebih terbuka di awal-awal babak kedua. Kedua kubu beberapa kali bertukar ancaman, tetapi tak membuahkan gol, hingga terciptanya gol Romulo.

Pada menit ke-48, misalnya, Adriano melepaskan tembakan yang bisa diblok Dykan. Spartak membalas dengan tembakan Romulo pada menit ke-54, yang dimentahkan Victor Valdes.

Messi mencoba peruntungannya pada menit ke-58, tetapi lagi-lagi bisa dipatahkan Dykan.

Setelah gol Romulo, Spartak memperbaiki koordinasi lini tengah dan belakang. Barcelona pun kesulitan menciptakan peluang berarti, hingga Messi memecah kebuntuan pada menit ke-71.

Barcelona mempertahankan tekanannya. Setelah tembakan Messi diblok Rafael Carioca pada menit ke-76 dan tembakan David Villa dipatahkan Suchy pada menit ke-76, Barcelona berhasil kembali unggul berkat Messi pada menit ke-80.

Barcelona terus mencoba menambah gol di waktu tersisa. Namun, selain tembakan Pedro yang meleset dari sasaran pada menit ke-86, tak ada peluang tercipta hingga peluit berbunyi panjang.

Selama laga, menurut catatan UEFA, Barcelona menguasai bola sebanyak 66 persen dan menciptakan 10 ancaman serius dari 18 usaha. Sementara Spartak melepaskan tiga tembakan akurat dari lima percobaan.

Susunan pemain
Barcelona (4-3-3):
1-Victor Valdes; 21-Adriano, 14-Javier Mascherano, 3-Gerard Pique (25-Alex Song 12), 2-Dani Alves (9-Alexis Sanchez 64); 4-Cesc Fabregas, 16-Sergio Busquets, 6-Xavi Hernandez; 37-Cristian Tello (7-David Villa 74), 10-Lionel Messi, 17-Pedro

Spartak (4-5-1): 31-Andriy Dykan, 23-Dmitriy Kombarov, 17-Marek Suchy, 2-Juan Insaurralde, 7-Kirill Kombarov (34-Evgeni Makeev 46) ; 6-Rafael Carioca, 21-Kim Kallstrom (19-Jose Jurado 78), 9-Ari (10-Artem Dzyuba 83), 37-Romulo, 8-Aiden McGeady; 29-Emmanuel Emenike

Wasit: Milorad Mazic


Editor : Tjatur Wiharyo