Kamis, 24 April 2014
Piala AFC 2012
Jelang Lawan Arema, Kubu Al-Ettifaq Letih
Penulis: MH Samsul Hadi | Selasa, 18 September 2012 | 13:14 WIB
Dibaca:
|
Share:
AFC

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang laga leg pertama perempat final Piala AFC 2012 melawan Arema Indonesia di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, Selasa (18/09/2012) sore nanti, kubu Al-Ettifaq (Arab Saudi) mengaku letih, akibat perjalanan panjang yang mereka tempuh.

Setelah ditahan imbang Al Faisaly 1-1 pada Liga Arab Saudi, Jumat lalu, pemain Al-Ettifaq menempuh perjalanan sekitar 20 jam untuk mencapai Malang setelah transit di Jakarta.

Tim asuhan pelatih Alan Geiger itu mendarat di Malang, Senin kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB. Setelah singgah sebentar di hotel, mereka langsung menjajal lapangan Stadion Gajayana.

Seusai latihan, Geiger mengungkapkan, para pemainnya masih merasakan efek keletihan akibat perjalanan panjang yang mereka tempuh.

"Pada dasarnya kami sangat lelah setelah menempuh perjalanan panjang ke sini," ujar pelatih asal Swiss itu, seperti dikutip situs resmi Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC (www.the-afc.com). "Tim kami menjalani pertandingan liga, Jumat lalu, dan kami harus menjalani penerbangan panjang dengan transit di Jakarta, ini yang membuat kami merasakan lelah."

"Tetapi, kami sudah berada di sini dan kami siap bertanding meladeni Arema. Stadion dan kondisi fasilitas-fasilitas di sini bagus dan kami sudah siap untuk mencuri poin bagus di sini," lanjut Geiger.

Al-Ettifaq adalah klub Arab Saudi pertama yang tampil di Piala AFC. Mereka harus berlaga di kompetisi antarklub Asia kasta kedua di bawah Liga Champions Asia (LCA), setelah kalah 1-3 pada laga play off Liga Champions, Februari lalu.

Di ajang Piala AFC, mereka tampil bagus dan belum terkalahkan. Pasukan Geiger memetik empat kemenangan dan dua kali draw pada babak penyisihan grup. Mereka lolos ke perempat final setelah memukul Al-Suwaiq (Oman) 1-0 di babak 16 besar.

Namun, penampilan impresif mereka di Piala AFC tidak diimbangi dengan penampilan serupa di ajang domestik, Liga Arab Saudi. Dari enam laga pertama, Al-Ettifaq baru memetik sekali kemenangan. Di papan klasemen sementara, mereka terpuruk di peringkat ke-10 dari 14 tim Liga Arab Saudi.

Selain dihadapkan pada masalah keletihan, Al-Ettifaq juga harus mengatasi situasi akibat cederanya bek Jamaan Al Jamaan dan striker Saleh Bashir. Meski demikian, Pelatih Geiger sedikit terhibur dengan pulihnya kiper Faiz Al Subaiei dari cedera dan sudah kembali ikut latihan.

 

Sumber: www.the-afc.com

 

Editor : Agus Mulyadi