Minggu, 20 April 2014
Kualifikasi Piala Dunia Brasil 2014
Coleman, Korban "Kejahatan" Wales
Rabu, 12 September 2012 | 18:52 WIB
Dibaca:
|
Share:
ANDREJ ISAKOVIC / AFP
Para pemain Serbia merayakan gol ke gawang Wales dalam laga Pra Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Karadjordje, Novi Sad, Selasa (11/9/2012). Serbia akhirnya menang 6-1.

NOVI SAD, KOMPAS.com - Pelatih Wales, Chris Coleman, merasa menjadi korban "kejahatan" anak asuhnya menyusul kekalahan telak 1-6 dari tuan rumah Serbia, Selasa (11/9/2012).

"Serasa ada hal yang kurang jika dibilang kami kecewa dan akan lebih baik mengatakan kami seperti menjadi korban kejahatan menilik jumlah kebobolan yang diterima," keluh Coleman yang dilansir BBC.

Kekalahan 1-6 dari Serbia itu merupakan pukulan telak pertama sejak Wales disikat Belanda 1-7 pada 1996. Yang pasti, itu adalah hasil minor kedua setelah dibekap 0-2 oleh Belgia, Jumat (7/9/2012). Wales pun kini menjadi penghuni dasar klasemen sementara Grup A Eropa.

"Kami tahu sebelumnya laga akan berjalan sulit, tapi tidak menyangka akan berakhir seperti ini," ucap Coleman getir.

Ia merasa malu melihat penampilan anak asuhnya di Novi Sad, Selasa atau Rabu (12/9/2012) dini hari WIB.

"Ketika bermain untuk negara, Anda harus memiliki nyali lebih dan punya ambisi sulit dikalahkan. Kami punya talenta pesepak bola terbaik, tapi kami harus punya keinginan untuk melakukan yang terbaik di lapangan," tegas eks Pelatih Fulham.

Awalnya, Coleman merasa timnya akan dapat memberi perlawanan setelah gol spektakuler gelandang Tottenham Hotspur, Gareth Bale, mempertipis ketertinggalan. Namun, performa Wales di paruh kedua membuat segalanya buyar.

Enam gol Serbia yang bersarang di gawang Boaz Myhill disumbangkan Aleksandar Kolarov (menit ke-16), Zoran Tosic (24), Filip Djuricic (39), Dusan Tadic (55), Branislav Ivanovic (80), dan Miralem Sulejmani (89). Sementara gol Bale diciptakan pada menit ke-31.

Hasil itu tak mencerminkan posisi Wales yang hanya tiga tingkat di bawah Serbia dalam rangking FIFA berada pada urutan ke-42. Itu salah satu sebab Coleman terpukul dengan hasil minor yang didapat anak asuhnya.

Serbia sementara memimpin Grup A dengan nilai 4, unggul agresivitas gol atas Belgia yang berpoin sama. Sementara Wales menjadi satu-satunya tim dari enam negara di kelompok itu yang belum meraih satu angka pun.

 

Editor : Daniel Sasongko