Jumat, 24 Oktober 2014

Bola / Internasional

Neymar "Hattrick", Brasil Hancurkan China 8-0

Selasa, 11 September 2012 | 20:25 WIB

RECIFE, KOMPAS.com — Timnas sepak bola Brasil menghancurkan China 8-0 dalam laga persahabatan di Stadion Arruda, Recife, bagian timur laut Brasil, Senin (10/9/2012) atau Selasa WIB. Dalam laga itu, Neymar mencetak tiga gol (hattrick), sekaligus membungkam suporter Brasil yang mencemoohnya saat ia tampil buruk melawan Afrika Selatan, pekan lalu.

Keputusan Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) memilih Recife sebagai tempat uji coba sungguh tepat. Bukan hanya hasil positif yang dipetik Neymar dan kawan-kawan atas China, melainkan juga Recife dan kawasan timur laut Brasil secara tradisional adalah pendukung setia timnas Brasil, terutama di saat-saat sulit.

Setelah kalah di final Olimpiade London 2012 dari Meksiko, pemain timnas Brasil diejek dan dicemooh saat tampil kurang meyakinkan meski mengalahkan Afrika Selatan 1-0 dalam laga persahabatan di Sao Paulo, Jumat atau Sabtu (8/9/2012) WIB. Itu sebabnya, seusai laga melawan China, para pemain Brasil berkumpul di tengah lapangan dan menyampaikan terima kasih atas dukungan suporter di Recife.

"Itulah hubungan yang harus kita miliki dengan suporter. Kami tahu, kami harus berbenah diri, tetapi tanpa mereka kami tidak bisa membenahi penampilan," kata Daniel Alves, bek kanan Brasil yang kini memperkuat Barcelona.

Dalam laga melawan China, Ramires membuka kemenangan Brasil lewat golnya pada menit ke-22, hasil kerja sama satu-dua sentuhan dengan Oscar di sisi kiri, sebelum akhirnya melepaskan tembakan lambung di atas kiper China Zeng Cheng. Neymar kemudian memperbesar kemenangan Brasil 2-0 sebelum turun minum, hasil umpan silang mendatar dari Oscar.

Di babak pertama itu, dua kali tendangan pemain Brasil mengenai gawang. Sepanjang laga, pemain Brasil menikmati dukungan suporter yang mengelu-elukan mereka dengan sorak-sorai "ole-ole-ole".

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, gelandang Lucas menceploskan gol ketiga, disusul gol striker Hulk yang memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Neymar yang membentur mistar gawang. Neymar kemudian mencetak gol kedua dan ketiganya saat laga masih menyisakan waktu sekitar 30 menit. Ia mendapat tepuk tangan meriah saat keluar digantikan Jonas.

Brasil melengkapi panen golnya melalui gol bunuh diri Liu Jianye, dan tendangan penalti Oscar menyusul dilanggarnya Marcelo di kotak penalti.

Selaku tuan rumah Piala Dunia 2014, Brasil lolos otomatis ke putaran final. Tim asuhan Pelatih Mano Menezes itu harus memperbanyak laga persahabatan karena tidak mendapatkan laga kompetitif. Pada uji coba berikutnya, Brasil akan menghadapi Argentina di kandang, yakni di Goiania (19 September) dan tandang (3 Oktober). Dalam dua uji coba itu, Brasil dan Argentina akan menurunkan para pemain di liga domestik masing-masing. (Reuters)


Editor : Hery Prasetyo
Sumber: