Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Mourinho "Ngopi" Bareng Vilanova

Kompas.com - 06/09/2012, 07:10 WIB

NYON, KOMPAS.com — Bisa dibayangkan kalau Pelatih Real Madrid Jose Mourinho bertemu dengan seteru bebuyutannya, Tito Vilanova. Atau panasnya duel Mou melawan entrenador Atletico Madrid, Diego Simeone. Ternyata, menjadi sebuah derbi yang bersahabat. Tak percaya?

Hal itu terhampar di Nyon, Swiss, Rabu dan Kamis (6/9/2012). UEFA mengundang 21 pelatih kondang Eropa dalam ajang yang diberi tajuk UEFA Elite Club Coaches Forum XIV. Event itu sendiri sudah dihelat sejak 1999.

"Ide dasarnya, bagi mereka yang terlibat dalam kompetisi kami, akan mendapatkan kesempatan memberikan masukan untuk kompetisi itu. Banyak saran yang sudah direalisasikan sejauh ini," ucap Andy Roxburg, Direktur Teknik UEFA, di situs resmi asosiasi sepak bola Eropa itu.

Kejadian unik terjadi saat Mourinho bertemu Simeone.

"Selamat. Sudah saya bilang sebelumnya kalau Anda akan mengalahkan Chelsea," tutur Mourinho kepada Simeone, yang dikutip AS.

"Terima kasih, mister. Senangnya bertemu Anda lagi," balas Simeone sembari menjabat tangan pelatih asal Portugal itu.

Sebuah hal yang hebat, mengingat Mou dulu sempat membesut "The Blues". Namun, hal itu sama sekali tak memengaruhi opini obyektif yang kental dengan sportivitas.

Lebih hebat lagi ketika Mourinho mengajak Vilanova minum kopi bersama. Biasanya, kedua pelatih berada di bangku cadangan yang berlawanan dan dalam tensi pertandingan sepanas "El Clasico".

"Ini adalah pertama kalinya saya datang. Sebuah kesempatan langka belajar dari pelatih-pelatih besar," papar Vilanova.

Sayangnya, dua nama kehormatan tak dapat hadir. Josep "Pep" Guardiola dan Sir Alex Ferguson absen dengan masing-masing alasannya.

Bisa dibayangkan kalau Pep dan Vilanova bertemu dengan Mou. Seru!

Daftar pelatih yang hadir sesuai gambar di atas:
Di baris depan (kiri ke kanan):

Pelatih Apoel FC Ivan Jovanovic, Pelatih Paris Saint-Germain Carlo Ancelotti, Pelatih Galatasaray Fatih Terim, Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone, Presiden UEFA Michel Platini, Pelatih Chelsea Roberto Di Matteo, anggota tim teknik Gerard Houllier, dan Pelatih Benfica Jorge Jesus

Dari baris tengah (kiri ke kanan): Sekjen UEFA Gianni Infantino, Pelatih Zenit St Petersburg Luciano Spalletti, Pelatih AC Milan Massimiliano Allegri, Pelatih Montpellier Rene Girard, Pelatih Shakhtar Donetsk Mircea Lucescu, Pelatih Ajax Amsterdam Frank de Boer, Pelatih Barcelona Tito Vilanova, Pelatih Real Madrid Jose Mourinho, Komite Wasit UEFA dari Italia Pierluigi Collina, dan Direktur Kompetisi UEFA Giorgio Marchetti
Di baris belakang (kiri ke kanan): Pelatih Borussia Dortmund Juergen Klopp, Pelatih Olympiakos Leonard Jardim, Pelatih Arsenal Arsene Wenger, Pelatih FC Porto Vitor Pereira, Pelatih Spartak Moskwa Unai Emery, Pelatih Werder Bremen Thomas Schaaf, Pelatih Nordsjaelland Kasper Hjulmand, dan Direktur Teknik UEFA Andy Roxburgh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com