Rabu, 23 April 2014
Timnas Senior Indonesia Gantikan Galatasaray
Penulis: Ary Wibowo | Senin, 23 Juli 2012 | 15:09 WIB
Dibaca:
|
Share:
KOMPAS IMAGES/Roderick Adrian Mozes
Pemain klub Inggris Everton, Marouane Felaini (tengah) berfoto bersama CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo, Widjajanto (kanan) dan pelatih timnas U-23, Aji Santoso (dua kanan) saat hadir dalam acara konferensi pers Java Cup 2012, di Ballroom A, Hotel Intercontinental Jakarta, Sudirman, Rabu (27/6/2012). Dalam ajang Java Cup 2012, timnas Indonesia dan timnas Malaysia akan menghadapi klub Liga Inggris Everton dan klub asal Turki Galatasaray SK.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim penggagas Turnamen Java Cup 2012, Sihar Sitorus, mengungkapkan, pihaknya telah memutuskan untuk memilih skuad timnas senior Indonesia sebagai pengganti Galatasaray dalam Java Cup 2012 menyusul pembatalan klub asal Turki tersebut. Sejumlah pemain dari skuad timnas tersebut rencananya akan masuk ke dalam skuad Indonesia Selection Senior.

Awalnya, empat tim yang akan mengikuti turnamen itu, diantaranya, Galatasaray, Everton, Indonesian Selection U-23, dan Malaysia Selection U-23. Namun, pada Jumat (20/7/2012), melalui website resmi klub, Galatasaray membatalkan rencana tur pramusimnya. Alasan pembatalan itu ditengarai terkait selisih penerimaan dan pengeluaran masalah transportasi.

"Kemungkinan besar kita tetap pada yang sekarang, ditambah satu timnas senior Indonesia. Jadi nanti bakal ada dua tim dari Indonesia, pemain-pemain dari timnas U-23 dan Timnas senior. Nanti namanya bisa indonesia selection A atau B, bisa diatur. Jadi, tidak ada dari klub luar, karena waktu mepet," ungkap Sihar saat dihubungi di Jakarta, Senin (23/7/2012).

Sihar menambahkan, pihaknya saat ini sudah berkomunikasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait rencana pemanggilan timnas tersebut. Ia berharap, agar PSSI dapat memberi izin untuk mengikutsertakan tim asuhan Nil Maizar itu karena peluang untuk mendatangkan klub luar sudah tertutup.

"Memang, bisa dibilang tipis sekali untuk klub luar, karena ini rombongan besar, bukan satu dua pemain saja. Apalagi ini tengah tahun, klub-klub Eropa tengah persiapan uji coba pra musim, termasuk perjalanan luar negeri juga," kata Sihar.

"Jadi, kita terus lakukan diskusi dengan pihak PSSI, untuk mengundang satu timnas lagi, mengingat waktu kita sangat mepet. Kita sedang bernegosiasi hingga semua pihak sepakat," tegasnya kemudian.

 

Editor : Caroline Damanik