Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bosan Spanyol Selalu Menang, Itu Hebat!"

Kompas.com - 01/07/2012, 05:35 WIB

KIEV, KOMPAS.com - Gelandang Spanyol, Xavi Hernandez, menepis anggapan bahwa permainan "La Furia Roja" kini cenderung membosankan di Piala Eropa. Pasalnya, permainan Spanyol telah terbukti keampuhannya dengan berhasil mencapai babak final.

Sepanjang turnamen ini, Spanyol terkenal dengan taktik tiki-taka yang lebih mengutamakan penguasaan bola di lapangan tengah. Akan tetapi, taktik tersebut dinilai sebagian orang tidak efektif, membosankan dan cenderung monoton. Pasalnya, mereka membandingkan strategi tersebut dengan tiki-taka ala Barcelona.

Tidak adanya Lionel Messi yang membuat perbedaan itu terlihat nyata. Spanyol seringkali mengembalikan bola ke belakang, meski sudah berada di tengah maupun depan gawang. Bahkan, tak jarang pula, pelatih Vicente Del Bosque tidak menurunkan striker murni dalam sejumlah laganya.

"Kami menikmati permainan dan akan setia dengan taktik yang begitu banyak memberikan gelar dalam beberap tahun terakhir. Pendukung kami dapat mengidentifikasi gaya tersebut. Kami menikmatinya, begitu juga dengan fans," ujar Xavi.

"Jika orang-orang bosan karena Spanyol selalu menang, maka itu adalah hal yang fantastis bagi kami," tambahnya.

"Kami hanya ingin menikmatinya, karena kami telah berada di final kedua secara berturut-turut. Kami ingin lakukan yang terbaik dan menunjukkan bahwa kami masih lapar akan kesuksesan," tegas Xavi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com