Sabtu, 25 Oktober 2014

Bola / Internasional

Italia Otomatis Lolos ke Piala Konfederasi

Jumat, 29 Juni 2012 | 22:41 WIB

KOMPAS.com - Kemenangan Italia atas Jerman di semifinal Piala Eropa 2012 bukan hanya memastikan tiket final. "Gli Azzurri" juga dipastikan lolos otomatis ke Piala Konfederasi 2013 di Brasil.

Italia akan menjadi wakil dari UEFA. Jika Spanyol menang di partai final, tak menghalangi langkah Italia berlaga di kejuaraan pemanasan jelang Piala Dunia 2014 itu. Karena, Spanyol sudah pasti ikut serta sebagai wakil dari juara Piala Dunia 2010.

Namun, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) bisa memutuskan ikut atau tidaknya Italia ke Piala Konfederasi 2013. Bila opsi ini dipilih, maka wakil dari UEFA akan berpindah ke Portugal atau Jerman, sebagai semifinalis Piala Eropa 2012.

Untuk perhelatan nanti, selain Spanyol dan Italia, lima tim lain juga ambil bagian adalah Brasil (tuan rumah), Jepang (AFC), Meksiko (CONCACAF), Uruguay (CONMEBOL), dan Tahiti (OFC). Satu negara lagi akan ditentukan dari juara Piala Afrika yang akan bergulir pada awal 2013 mendatang.

Pada tiga tahun lalu, gelar juara Piala Konfederasi jatuh ke pelukan Brasil. Di partai final, "Selecao" mengalahkan Amerika Serikat. Sementara Spanyol hanya menjadi semifinalis, sedangkan Italia gagal lolos dari babak penyisihan grup.


Editor : Hery Prasetyo