Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah atau Menang, Spanyol Tetap Bangga

Kompas.com - 29/06/2012, 21:05 WIB

KIEV, KOMPAS.com - Bek tim nasional Spanyol, Sergio Ramos, percaya Spanyol harus tetap bangga dengan pencapaian yang diraih di Piala Eropa 2012, meski mungkin saja di final kalah dari Italia.

"Kami menyadari pertandingan seperti apa akhir pekan nanti. Apa pun yang terjadi, kami telah membuat sejarah. Ini belum selesai dan tidak mudah untuk memenangi Piala Eropa 2012," ucap Ramos.

"Mungkin ada beberapa yang tidak menghargainya. Tapi, untuk pekerjaan yang kami lakukan, aku pikir seluruh negeri patut bangga. Bahkan, jika kalah, kami dapat kembali dengan kepala tegak," lanjutnya.

Pemain Real Madrid itu lantas memuji kualitas yang dimiliki gelandang Italia, Andrea Pirlo. Menurut Ramos, Pirlo merupakan pemain paling penting dan berbahaya yang patut diwaspadai.

"Pirlo membuat perbedaan dan memegang kendali permainan. Dia seperti Xavi (Hernandez) di tim kami. Mereka berdua pemain yang fantastis. Tetapi, kami tidak bisa fokus hanya kepada satu pemain. Italia memiliki kolektivitas tim yang baik," papar Ramos. (FIFA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com