Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Del Bosque tak Menyesal Bantu Italia

Kompas.com - 29/06/2012, 20:28 WIB

KIEV, KOMPAS.com - Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, mengaku tak menyesal ikut membantu Italia lolos ke perempat final Piala Eropa 2012. Meski akhirnya Italia menjadi lawan Spanyol di final, Del Bosque justru menilai itu bagus buat kepentingan  olahraga.

Pada pertandingan terakhir penyisihan Grup C, Italia sangat tergantung kepada hasil pertandingan Spanyol lawan Kroasia. Jika saja pertandingan itu berakhir seri 1-1 atau 2-2, maka Italia akan tersingkir. Namun, Spanyol yang sebenarnya sudah pasti lolos, tetap bermain ngotot dan akhirnya menang 1-0 atas Kroasia. Italia yang menang 2-0 atas Irlandia, akhirnya lolos mendapingi Spanyol.

"Kami tak pernah menyesal tidak bermain seri lawan Kroasia untuk menyingkirkan Italia. (Kala sengaja mencari hasil seri) itu tak bagus buat olahraga," kata Del Bosque kepada Radio Marca.

"Italia dan kami sejajar dan kami harus berada di level tertinggi untuk memenuhi tuntutan final. Saat kami pertama kali melawan Italia, Antonio Cassano mengatakan kepada asisten saya, Toni Grande, bahwa kami bisa kembali bertemu di final. Itu ternyata terbukti," jelasnya.

Pertemuan Spanyol dan Italia di penyisihan grup berakhir imbang 1-1. Italia saat itu menggunakan formasi 3-5-2 dan Spanyol tak memakai striker, sebelum Fernando Torres tampil.

"Mereka (Italia) adalam tim yang kaya pengalaman dan sangat tergantung pada Andrea Pirlo dan Daniele  De Rossi di tengah. Porosnya adalah koneksi antara Pirlo dan Balotelli. Di pertandingan penyisihan grup, mereka mungkin lebih baik daripada kami di babak pertama. Mereka tim yang memberi banyak masalah kepada kami," aku Del Bosque.

Ditanya seberapa besar peluang timnya juara, Del Bosque menjawab, "Italia sudah menjuarai Piala Dunia empat kali, maka kami tak bisa difavoritkan. Ini partai final dan peluangnya 50-50."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com