Rabu, 26 November 2014

Bola / Internasional

Pertarungan Individu Jerman Vs Italia

Selasa, 26 Juni 2012 | 20:58 WIB

WARSAWA, KOMPAS.com - Pertemuan Jerman dan Italia di semifinal Piala Eropa 2012, Kamis atau Jumat (29/6/2012) dini hari WIB tak bisa dilepaskan dari kemampuan individu pemain. Pertarungan antar pemain ini bahkan menjadi salah satu daya tarik partai ini.

Bahkan, diperkirakan akan terjadi ertarungan sengit di beberapa sektor. Berikut head to head beberapa pemain penting dari kedua tim.

Mesut Oezil Vs Andrea Pirlo
Pertarungan kedua pemain ini diperkirakan bakal sengit. keduanya sama-sama playmaker yang mengatur permainan timnya. Bedanya, Oezil cenderung berada di belakang striker. Sebaliknya, Pirlo mengatur permainan lebih di dalam atau cenderung di dari depan lini pertahanan.

Justru karena itu, kedua pemain ini akan sering bertemu dan beradu. Membiarkan Pirlo leluasa mengatur permainan akan membahayakan Jerman. maka, sudah tugas Oezil untuk selalu menutupnya, atau mematikannya.

Sebaliknya, Oezil juga berbahaya. Ia tak hanya pandai memberikan assist, tapi juga bisa mencetak gol. Maka, tugas Pirlo tak hanya mengatur permainan, tapi juga harus mampu mematikan Oezil.

Thomas Mueller Vs Federico Balzaretti
Balzaretti bermain bagus saat Italia melawan Inggris di perempat final. Ia membuat pergerakan Inggris di sektor kanan seolah tak berfungsi. Bahkan, ketika Roy Hodgson memasukkan Theo Walcott, Balzaretti tetap mampu menutupnya.

Sebagai bek kiri, Balzaretti akan sering bertemu dengan Thomas Mueller yang dipasang di sisi kanan tim Jerman. Mueller memang tak seekplosif Walcott. Tapi, dia cerdik menusuk dan masuk ke areal penalti.

Mario Gomez Vs Andrea Barzagli
Mario Gomez sudah membuktikan juga tajam dan produktif bersama timnas, seperti halnya ia bermain bersama klub Bayern Muenchen. Tiga gol sudah ia cetak. Ia tak hanya jago dalam sundulan, tapi penempatan dirinya juga sering sangat tepat. Ditambah lagi, Gomez tak butuh peluang besar untuk mencetak gol. Sedikit ruang, ia bisa membahayakan gawang lawan.

Jajaran bek italia harus bekerja keras menghentikannya. Apalagi, secara fisik Gomez sangat kuat dan besar. Andrea Barzagli kemungkinan ditugaskan mematikannya. Ia sudah sukses mematikan pemain tinggi besar seperti Andy Carroll saat melawan Inggris. Namun, dia harus lebih kreatif dan konsentrasi saat menghadapi Gomez.

Manuel Neuer Vs Gianluigi Buffon
Neuer merupakan kiper baru yang diharapkan menjadi andalan patan seperti Oliver Kahn. Dia sudah menunjukkan kemampuannya selama ini. Namun, dibanding Gianluigi Buffon, jelas Neuer masih harus banyak belajar.

Soal reaksi dan kemampuan membaca permainan, Neuer memang tak diragukan lagi. Namun, Buffon lebih unggul dalam hal pengalaman. Selain itu, Buffon tak hanya bagus dalam membaca permainan, tapi juga bisa memberi instruksi para defender untuk mengantisipasi serangan.

Jika terjadi adu penalti, sekali lagi Buffon di atas Neuer. Dia sudah menghadapi sejuta ketegangan adu penalti sejak lama. Dia juga baru saja membuktikan ketenangannya saat adu penalti lawan Inggris. Sebaliknya, Neuer kurang pengalaman. Apalagi, dia baru saja mengalami kegagalan dalam adu penalti pada final Liga Champions antara Bayern Muenchen lawan Chelsea.

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Hery Prasetyo