Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Pengkhianat" di Tubuh Jerman

Kompas.com - 23/06/2012, 18:10 WIB

WARSAWA, KOMPAS.com - Pelatih Jerman, Joachim Loew, marah. Sebab, ada orang dalam yang memmbocorkan susunan pemain yang akan ia turunkan saat melawan Yunani di perempat final Piala Eropa 2012, Jumat atau Sabtu (23/6/2012) dini hari.

Sebelum pertnadingan itu, surat kabar Jerman, Bild, menurunkan susunan pemain yang akan dipakai Loew lawan Yunani. Susunan itu kemudian menyebar luas ke berbagai media, juga ke media sosial. Sehingga, lawannya pun juga langsung tahu dan mampu menganalisisnya. Loew mengatakan, sudah pasti orang dalam tim yang membocorkan informasi penting itu kepada media.

"Saya tak bisa menjelaskan bagaimana daftar pemain ini bisa bocor. Mungkun seorang pemain mengatakan hal itu kepada agennya," kata Loew kepada stasiun televisi Jerman, ARD, mencoba menganalisis.

Pada pertandingan itu, Loew memang menurunkan susunan pemain yang agak berbeda, jauh dari perkiraan orang. Ia menurunkan Miroslav Klose, marco reus, dan Andre Schurrle sebagai starter. Namun, kata Loew, susunan baru ini tak membuat Yunani kaget, karena mereka sudah tahu sebelumnya.

"tak menyenangkan ketika line-up sudah bocor, karena kami ingin tampil dan tak terpredeksi oleh lawan," tegas Loew.

Ini bukan yang pertama strategi Loew bocor sebelum pertandingan. Sebelumnya, di penyisihan Grup B melawan Portugal, strateginya juga sudah bocor lebih dulu. Saat itu, surat kabar Express memberitakan bahwa Mario Gomez akan tampil sebagai starter.

November tahun lalu, Schurrle yang membocorkan kepada kalayak umum tentang strategi Loew. Sebelum pertandingan lawan Belanda dalam partai persahabatan, Schurrle menulis di akun Twitter bahwa ia tak akan dimainkan karena terserang flu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com