Van der Sar: Seriuslah Kembangkan Pemain Muda - Kompas.com

Van der Sar: Seriuslah Kembangkan Pemain Muda

Kompas.com - 18/06/2012, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Mantan kiper Manchester United (MU), Edwin van der Sar, mengatakan bahwa sepak bola Indonesia harus serius mengembangkan bakat dan potensi para pemain mudanya. Jika potensi ini dikembangkan dengan serius, pria berusia 41 tahun itu menilai, para pemain muda tersebut akan dapat menjadi tulang punggung "Garuda" di kancah internasional pada masa depan.

"Banyak hal yang perlu dikembangkan di Indonesia. Salah satunya adalah potensi pemain muda. (Sepak bola) Indonesia harus serius mengembangkan potensi di bagian ini," ujar Van der Sar di sela-sela acara pengumuman pemenang "Red Match" Kartu Danamon di Plaza FX, Jakarta, Senin (18/6/2012).

Van der Sar menyoroti sejumlah kegagalan tim nasional Indonesia di kancah internasional yang terjadi karena pembinaan pemain muda belum maksimal. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) selaku penanggung jawab sepak bola nasional, kata mantan kiper Ajax Amsterdam ini, perlu juga memonitor para pemain tersebut.

"Saya berharap dengan langkah ini, timnas Indonesia bisa lebih baik lagi. Di Belanda, para pemain muda itu adalah masa depan dari sepak bola. Karena itu, mereka harus dibina secara tepat," katanya.

"Jadi, harapan saya, Indonesia ke depan nanti bisa memperbaiki masalah-masalah ini agar bisa meraih kesuksesan dan tidak lagi mengalami kekalahan besar seperti beberapa waktu lalu," tambahnya.

Dalam kesempatan ini pula, Van der Sar bertemu 13 pemenang Red Match periode pertama tahun 2012, yang diselenggarakan pemegang lisensi penerbit Kartu MU, PT Bank Danamon Indonesia. Sebanyak 13 pemenang berhak menyaksikan laga MU di Old Trafford, September mendatang.

Tak hanya menonton langsung pertandingan MU, para pemenang juga berkesempatan melihat langsung ruang ganti Wayne Rooney dan kawan-kawan, mengikuti Museum Tour, dan melihat langsung latihan para penggawa "The Red Devils" di Carrington, Inggris.

"Di sana, para pemenang ini akan dilatih oleh para pelatih dan pemain MU secara langsung. Jadi, mereka akan bisa bertemu, bersalaman, dan berfoto dengan pemain," ungkap Dessy Masri, Executive Vice Presiden Card Business Head Danamon.

EditorCaroline Damanik

Close Ads X