Sabtu, 1 November 2014

Bola / Internasional

Rusia Vs Ceko: Favorit Vs Kejutan

Kamis, 7 Juni 2012 | 15:34 WIB

KOMPAS.com - Pertarungan Rusia-Ceko akan menjadi petunjuk tentang kemampuan Rusia untuk mengulang sukses mereka menembus semifinal Piala Eropa 2008. Di atas kertas, Rusia lebih difavoritkan menang. Sukses Rusia menggulung Italia, 3-0, pada pertandingan persahabatan beberapa waktu lalu menunjukkan tangguhnya kekuatan tim Rusia pada saat ini.

Akan tetapi, Ceko juga bukan tim kacangan. Kekalahan 1-2 dari Hongaria pada pertandingan persahabatan untuk persiapan Piala Eropa 2012 menjadi pelajaran penting bagi Pelatih Ceko Michal Bilek. Dengan kekalahan itu, Bilek menjadi lebih memahami kelemahan dan kekuatan timnya.

Pelatih Rusia Dick Advocaat kemungkinan besar akan menurunkan tim yang mampu mengalahkan Italia itu, yang terdiri dari Vyacheslav Malafeev di bawah mistar gawang, dengan dibantu Sergei Ignashevich, Aleksei Berezutski, Yuri Zhirkov, dan Kirill Nababkin di lini pertahanan.

Untuk mendominasi lapangan tengah dan barisan penyerang, formasi tim Rusia di kedua lini ini bisa saling mengisi, dengan pasukan inti kemungkinan adalah Igor Denisov, Konstantin Zyryanov, Aleksandr Kerzhakov, Roman Shirokov, Andrey Arshavin, dan Alan Dzagoev.

Amunisi Advocaat bakal bertambah dengan pulihnya gelandang Marat Izmailov dan pemain belakang Aleksandr Anyukov. Meski keduanya belum tentu langsung dimainkan, setidaknya pelatih tim Rusia itu merasa lebih ”aman” karena adanya dua pemain pengganti yang berkelas di kursi pemain cadangan.

Tantangan lebih besar dihadapi Bilek. Di tengah kelangkaan pemain berkualitas tinggi, Bilek tak punya banyak pilihan pemain. Oleh karena itu, kehadiran pemain-pemain senior dan berpengalaman seperti Petr Cech dan Tomas Rosicky sangatlah penting.

Bilek bisa bernapas lega karena gelandang sekaligus pengatur serangan tim, Tomas Rosicky, dipastikan bisa kembali bermain dan memperkuat Ceko pada pertandingan pertama di Grup A melawan Rusia, Sabtu (9/6) pukul 01.00 dini hari WIB.

Bilek kemungkinan besar akan menurunkan Cech sebagai kiper, dibantu Michal Kadlec, David Limbersky, Tomas Sivok, dan Theo Gebre Selassie di barisan pertahanan.

Di lini tengah, Rosicky, yang sudah dipastikan bisa bermain lagi, akan menjadi motor serangan. Dalam formasi 4-5-1, empat gelandang lain yang akan bekerja sama dengan Rosicky tak lain Jaroslav Plasil, Petr Jiracek, Daniel Kolar, dan Jan Rezek yang juga produktif mencetak gol.

Masalah serius Bilek ada di pengisi posisi ujung tombak karena cederanya penyerang senior Milan Baros. Mantan striker Liverpool ini harus mengakhiri latihan lebih dini dari rekan satu tim, Selasa (5/6), karena cedera otot paha.

Kepastian tampilnya Baros masih akan ditunggu hingga sebelum kick off. Andai Baros belum fit, pilihan hanya ada di beberapa penyerang muda dan minim pengalaman, seperti Tomas Pekhart dan Tomas Necid. Satu lagi striker senior, David Lafata, tetapi ia belum teruji di liga Ceko bersama FK Baumit Jablonec.

Rusia lebih solid

Dengan komposisi pemain itu, pertarungan di lapangan tengah akan menjadi pertarungan dua motor senior yang sama-sama bermain di Arsenal, Arshavin dan Rosicky. Akan tetapi, secara tim, barisan tengah Rusia lebih solid ketimbang Ceko.

Di lini depan, Dzagoev akan bertarung dengan Jiracek. Dzagoev telah menyumbangkan empat gol dan sejumlah asis dari delapan penampilannya di kualifikasi. Sementara Jiracek memberikan pengaruh besar bagi kreativitas serangan Ceko meski baru menyumbangkan satu gol, yaitu satu-satunya gol Ceko saat bertarung melawan Montenegro di putaran kedua play off.(AP/AFP/OKI)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Caroline Damanik
Sumber: