Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Persisam Puji Bobotoh Persib Bandung

Kompas.com - 06/06/2012, 19:23 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com- Dijumpai usai pertandingan antara Persisam Samarinda melawan Persib Bandung di Stadion Siliwangi, Rabu (6/6/2012), pelatih Persisam Misha Radovic secara khusus menyematkan pujian kepada para pendukung atau bobotoh Persib Bandung.

Keberadaan bobotoh Persib yang membirukan Stadion Siliwangi benar-benar membuatnya terkesan. "Boleh dikatakan, impian setiap pemain sepak bola di Indonesia adalah bermain dan disaksikan langsung oleh suporter seperti ini," kata Radovic.

Kenyataannya, boleh dibilang sedikit berbeda dengan perkataan Radovic karena suporter Persib benar-benar memberikan tekanan mental terhadap tim lawan. Setiap Radovic keluar dari bangku pemain menuju pinggir lapangan selalu disambut cemoohan. Begitu pula dengan hujan botol plastik kepada pemain yang mengeksekusi tendangan pojok atau sekadar berjalan dari ruang ganti menuju lapangan.

Salah satu alasan dari tindakan bobotoh adalah tampilnya Eka Ramdani, mantan pemain Persib, yang kini menjadi kapten tim Persisam. Hengkangnya Eka kerap dimaknai sebagai pengkhianatan terhadap Persib yang sudah membesarkannya. Eka juga sudah dianggap sebagai icon Persib.

Terhadap hal itu, Radovic mengungkapkan bahwa dia memberi wejangan secara khusus kepada Eka agar tidak tertekan di hadapan sekitar 20.000 bobotoh Persib yang menyaksikan laga tersebut. "Eka, bobotoh tidak membencimu. Mereka hanya sedikit kesal karena kamu meninggalkan tim mereka," ujar Radovic mengulang nasehatnya kepada Eka.

Dalam laga di Stadion Siliwangi petang tadi, Persisam berhasil menahan imbang Persib Bandung 0-0. Meski bermain dengan 10 pemain pada 15 menit sebelum pertandingan diakhiri, Persisam tetap konsisten bertahan dan pulang dengan 1 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com