Jumat, 24 Oktober 2014

Bola / SoccerClassic

Misteri Penyebab Tragedi Hillsborough Mulai Terkuak

Jumat, 16 Maret 2012 | 06:55 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Misteri penyebab tragedi Hillsborough perlahan mulai terungkap. Seperti dilansir BBC, salah seorang polisi senior Marseyside sempat mengatakan bahwa Perdana Menteri Inggris, Margareth Thatcher, menyalahkan sejumlah pendukung Liverpool yang mabuk atas tragedi tersebut.

Sejumlah keluarga korban sebelumnya beberapa kali menuntut agar pemerintah Inggris mengungkap penyebab tragedi  tersebut. Sejauh ini, peristiwa itu dinilai terjadi karena faktor penonton yang melebihi kapasitas Stadion Hillsborough, Shiefflied.

Stadion berkapasitas hampir 40.000 kursi itu hanya menyediakan 14.600 tempat duduk untuk pendukung Liverpool. Akibatnya, kapasitas itu tidak mampu menampung Liverpludlian yang jauh melebihi 14.000. Saat pertandingan baru berjalan beberapa menit, tribun rubuh dan 96 suporter "The Reds" tewas.

BBC yang mengaku telah melihat dokumen rahasia yang bocor dari pemerintah tersebut, mengatakan bahwa seseorang polisi senior di Merseyside telah mengirimkan surat kepada PM Margareth Thatcher empat hari setelah peristiwa itu berlangsung. Dalam surat itu, sang polisi menyebutkan bahwa sejumlah pendukung Liverpool menyalahi aturan.

"Salah satu faktor yang menyebabkan tragedi itu adalah ada fakta bahwa sejumlah pendukung Liverpool tidak memiliki tiket. Inilah yang hilang, ketika mulai menyalahkan polisi, otoritas sepak bola dan sebagainya," tulis dokumen tersebut.

Selain itu, salah satu oknum polisi yang tidak ingin disebutkan namanya juga menyalahkan sejumlah pendukung Liverpool. Menurut oknum polisi itu, sejumlah pendukung Liverpool banyak yang mabuk saat menonton pertandingan tersebut.

"Seorang polisi yang dilahirkan dan besar di Liverpool merasa malu untuk mengatakan bahwa pendukung Liverpool yang mabuk menjadi penyebab terjadinya tragedi itu. Hal ini juga terjadi pada tragedi Heysel," tambahnya.

Tragedi Hillsborough merupakan peristiwa terburuk dalam sejarah sepak bola Inggris. Korban tewas berjatuhan menyusul membludaknya penonton yang ingin menyaksikan duel semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest di Stadion Hillsborough, pada 15 April 1989.


Editor : Hery Prasetyo