Selasa, 21 Oktober 2014

Bola / Liga Indonesia

Menpora Minta PSSI Juga Urus Timnas Futsal

Rabu, 29 Februari 2012 | 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, meminta agar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dapat lebih memperhatikan tim nasional futsal. Meski futsal merupakan olahraga baru, menurut Andi, cabang tersebut sangat berpotensi membawa Indonesia ke kancah internasional.

Timnas futsal memastikan lolos ke Piala Asia setelah mengalahkan Vietnam 2-1 dalam babak semifinal kualifikasi Grup A zona Asia Tenggara Piala Asia Futsal 2012 di Thailand. Namun, tim besutan Andri Irawan itu mengalami kekalahan 1-3 dari tuan rumah Thailand pada partai puncak.

"Saya minta agar PSSI tolong juga memperhatikan futsal. Dua-duanya lah, antara sepak bola dan futsal. Dengan prestasi masuk ke Piala Asia kemarin telah menunjukan bahwa cabang ini sangat berpotensi membawa harum nama Indonesia di tingkat internasional," ujar Andi saat menerima rombongan timnas Futsal di Kemenpora, Jakarta, Rabu (29/2/2012).

"Untuk timnas futsal ini saya cukup bangga, walaupun belum juara dalam babak kualifikasi itu, lolos ke Piala Asia sudah luar biasa. Dan jika melihat posisi futsal yang berada di peringkat 67 dunia, itu sangat hebat. Ini sangat kontras sekali dengan prestasi sepak bola kita yang berada di peringkat 146 FIFA. Maka dari itu saya harapkan futsal ini bisa lebih diperhatikan juga," tambahnya lagi.

Lebih lanjut, Andi mengatakan pemerintah akan terus mendukung cabang olahraga yang dapat meraih prestasi internasional, termasuk salah satunya futsal. Ia juga menilai, sejumlah daerah kecil perlu mendapat perhatian serius untuk mengembangkan pemain-pemain berbakat untuk timnas futsal nantinya.

"Kami akan mendukung penuh. Khususnya di beberapa daerah yang sejauh ini belum pernah dijangkau. Kita lihat saja, jarang pemain dari Makassar, Papua ikut dalam tim ini. Ini yang perlu kita optimalkan agar prestasi futsal mampu lebih baik lagi ke depannya," tegasnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Aloysius Gonsaga