Rabu, 23 Juli 2014

Bola / Liga Indonesia

Ke Piala Asia, PSSI Gabungkan U-19 dan U-21

Selasa, 14 Februari 2012 | 18:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana untuk menggunakan pemain gabungan U-19 dan U-21 dalam babak kualifikasi Piala Asia U-22. Turnamen yang rencananya akan digulirkan pada 2013 ini merupakan ajang baru yang diselenggarakan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Seperti dilansir situs resmi AFC, Indonesia telah memastikan bakal tampil pada kualifikasi turnamen yang akan diselenggarakan dua tahun sekali tersebut. Dalam turnamen itu, "Tim Merah Putih Junior" berada di grup berat, karena harus bersaing dengan Australia, Jepang, Singapura, Timor Leste, dan Makau di grup E.

"Tim nantinya dari pemain U-19 dan U-21. Kami akan cari pemain dari gabungan timnas mudanya. Nanti juga kami akan mencari dari klub-klub, kan banyak juga yang bagus," ujar Koordinator Timnas, Bob Hippy saat dihubungi, di Jakarta, Selasa (14/2/2012).

Meski demikian, Bob mengatakan, dirinya akan terlebih dahulu melakukan rapat dengan manajemen PSSI. Selain itu, PSSI juga akan memantau perkembangan dari turnamen Trofi Hassanah Bolkiah 2012 di Bandar Seri Begawan, Brunei, pada 25 Februari hingga 5 Maret, untuk menjaring pemain-pemain untuk kualifikasi ini.

"Nanti diambil 50 persen dari timnas muda itu dan sisanya cari dari diklat-diklat," kata Bob.

Adapun babak kualifikasi turnamen itu dimulai tahun ini. Sebanyak 41 negara ikut berpartisipasi pada babak kualifikasi Piala Asia U-22 2013. Mereka dibagi ke dalam tujuh grup dengan sistem undian, dan penentuan unggulan mengacu pada rangking Piala Asia U-19 2010.

Untuk bisa lolos ke putaran final, Indonesia harus menempati dua peringkat teratas Grup E dalam laga yang digelar satu putaran (one-round league). Di luar jalur itu, Indonesia bisa dimungkinkan lolos jika menempati peringkat ketiga terbaik atau menjadi tuan rumah Piala Asia U-22 2013. Piala Asia U-22 2013 dijadwalkan akan digelar pada bulan Juni 2013.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Caroline Damanik