Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patuhi FIFA, KPSI Ubah Kongres Jadi Prakongres

Kompas.com - 18/01/2012, 18:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Penyelamat Sepak Bola Seluruh Indonesia (KPSI) awalnya berencana menggelar kongres tahunan PSSI pada 21 Januari 2012. Namun, KPSI mengubahnya menjadi prakongres.

Hal itu sesuai anjuran FIFA dalam suratnya kepada PSSI tertanggal 13 Januari 2012. Dalam surat itu, induk sepak bola dunia itu tidak ingin berkomentar atas usulan penyelenggaraan kongres luar biasa (KLB), yang direncanakan oleh KPSI pada 6 Maret 2012. FIFA juga menganjurkan kepada PSSI untuk menggelar kongres tahunan sebagai cara untuk menyelesaikan masalah dalam sepak bola di Indonesia. FIFA meminta kongres itu diadakan sebelum 20 Maret 2012. Jika tidak, FIFA akan memberikan bertindak tegas kepada PSSI.

KPSI semula berencana menggelar kongres tahunan pada bulan ini karena kongres sebelumnya digelar Januari 2011 di Bali. Salah satu agendanya membentuk komite pemilihan dan komite banding. Setelah munculnya surat FIFA pekan lalu itu, KPSI sepakat mematuhi anjuran FIFA dan AFC.

"Jadi tanggal 21 Januari itu prakongres. Kita mematuhi anjuran dari FIFA yang menyebutkan kongres tahunan akan digelar sebelum 20 Maret," jelas Ketua KPSI Toni Apriliani di kantor KPSI, Rabu (18/1/2012).

Sebelum prakongres, KPSI akan menggelar diskusi untuk membuat manifesto. Manifesto tersebut akan digunakan sebagai acuan untuk kepengurusan PSSI yang baru. "Tanggal 20 akan ada diskusi membuat manifesto PSSI baru yang ke depan. Intinya tentang kendala infrastruktur, pembinaan, kompetisi, dan bagaimana pembinaan bisa dijual. Dalam diskusi tersebut akan dihadirkan pakar-pakar sehingga siapa pun ketua umumnya, manifesto ini bisa menjadi acuan," kata Toni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com