Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Homare Sawa dan Matahari untuk Jepang

Kompas.com - 11/01/2012, 11:02 WIB

TOKYO, KOMPAS.com Kapten tim nasional sepak bola wanita Jepang, Homare Sawa, terpilih sebagai Pemain Wanita Terbaik Dunia versi FIFA dalam Ballon d'Or Gala 2011 di Zurich, Senin (9/1/2012). Dengan demikian, pemain berusia 33 tahun itu tercatat sebagai pesepak bola pertama dari Asia yang berhasil memenangkan penghargaan ini.

Namun, penghargaan tersebut memberikan makna yang lebih besar bagi Jepang. Publik Jepang, mulai dari pejabat hingga rakyat, bergembira dalam euforia karena prestasi Sawa. Mereka mengatakan, bagai sinar matahari, Sawa telah memberikan harapan bagi negara yang kerap tertimpa bencana alam tersebut.

Perdana Menteri Jepang, Yoshihiko Noda, juga menyampaikan pujiannya kepada Sawa ketika tengah mengunjungi Ishinomaki, salah satu kota yang hancur di utara Jepang.

"Ini merupakan kabar yang menggembirakan karena tahun baru baru saja dimulai. Saya sangat bangga padanya," katanya seperti dilansir oleh AFP.

Salah satu juru bicara pemerintahan Jepang juga mengatakan bahwa prestasi Sawa dan timnya bisa membesarkan hati para rakyat Jepang yang masih berupaya keluar dari dampak gempa dan tsunami. Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Kabinet Jepang, Osamu Fujimura.

"Tim sepak bola wanita memberikan kami harapan dan pencerahan ketika Jepang menghadapi rangkaian kesulitan setelah gempa bumi dan tsunami pada Maret 2011," ungkapnya dalam keterangan pers di Tokyo.

Sawa tampak anggun ketika hadir dalam Ballon d'Or Gala. Dia mengenakan kimono, pakaian tradisional Jepang, ketika menerima penghargaan yang disampaikan oleh penyanyi tenar asal Kolombia, Shakira. Gelandang klub INAC Kobe Leonessa ini mempersembahkan kemenangannya untuk rakyat Jepang.

"Piala ini akan disimpan di Japanese Football Association sehingga semua orang bisa melihatnya," ungkapnya seperti dilansir oleh situs resmi FIFA.

Tahun lalu, Sawa memenangkan sepatu emas sebagai pencetak gol terbanyak dan bola emas sebagai pemain terbaik ketika Jepang untuk pertama kalinya menjuarai Piala Dunia Sepak Bola Wanita di Jerman.


Data singkat Homare Sawa

Nama: Homare Sawa
TTL: Jepang, 6 September 1978
Posisi: Gelandang
Tinggi: 1.64 meter
Karier :
Yomiuri Beleza (1991-98)
Denver Diamonds (1999)
Atlanta Beat (2001-03)
NTV Beleza (2004-09)
Washington Freedom (2009-10)
NTV Beleza (2010)
INAC Kobe Leonessa (2011-sekarang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com