Jumat, 29 Agustus 2014

Bola / Internasional

Kekalahan Tak Ganggu Mental Pemain

Jumat, 18 November 2011 | 18:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim nasional Indonesia U-23 harus menelan kekalahan 0-1 dari Malaysia dalam laga akhir penyisihan Grup A SEA Games XXVI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, kemarin malam. Namun kekalahan tadi malam dinilai tidak terlalu memukul mental Egi Melgiansyah dan kawan-kawan pada partai semifinal nanti.

"Kami kalah di penyisihan terakhir. Tapi masalah mental tidak bermasalah. Coach bilang sudah selesai. Apapun yang terjadi kita maju ke semifinal. Memang ada enam pemain starter tidak dipasang. Semua pelatih dan manajer sepakat tidak kita turunkan semua pemain inti lawan Malaysia kemarin," kata asisten pelatih, Aji Santoso, dalam jumpa pers jelang pertandingan, Jumat (18/11/2011).

Meski begitu, Aji menilai pertandingan semifinal nanti bukanlah pertandingan yang mudah bagi kedua tim. Indonesia bersama Malaysia, Vietnam dan Myanmar memiliki peluang yang sama besarnya untuk maju ke babak final.

"Yang jelas situasi di semi final berbeda dengan saat penyisihan. Tapi keempat tim memiliki peluang sama untuk bisa lolos ke final," ujar pelatih yang pernah membesut Persebaya 1927 itu.

Indonesia sendiri sudah memastikan maju ke semi final setelah mengantongi 9 poin. Namun, kekalahan tadi malam meninggalkan kekecewaan bagi publik Indonesia.

Indonesia berstatus runner-up dan harus berhadapan dengan Vietnam sebagai juara Grup B dalam babak semifinal cabang sepak bola SEA Games XXVI, Sabtu (19/11/2011). Aji menilai pertandingan tersebut tak boleh dilewatkan.

"Pertandingan nanti akan berjalan seru dan menarik," tandasnya.


Editor : Caroline Damanik