Selasa, 21 Oktober 2014

Bola / Internasional

Timnas U-23 Dipusingkan Soal Bola

Minggu, 6 November 2011 | 18:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang laga perdana di SEA Games XXVI, pelatih tim sepak bola nasional U-23, Rahmad Darmawan, sudah menyatakan timnya siap secara mental. Namun, timnas masih memiliki masalah dalam adaptasi karakter bola.

Egi Melgiansyah dan kawan-kawan belum sepenuhnya mengenal karakter bola Nike tipe Seitiro yang digunakan dalam turnamen ini. Pada latihan Sabtu, "Garuda Muda" hanya diberi waktu beberapa jam untuk menjajal bola baru tersebut.

Dalam rangkaian latihan sebelumnya, timnas U-23 menggunakan bola Nike tipe Tracer. Rahmad mengatakan, bola Seitiro yang menjadi bola resmi SEA Games tersebut lebih ringan dari bola Tracer sehingga sulit dikontrol karena bergerak liar.

"Soal bola saya bingung. Mereka bilang hanya dipinjamkan pada official training saja. Seharusnya setiap tim dapat bola tersebut untuk latihan karena untuk latihan keseharian itu sangat penting. Tadi pas mau latihan saya cari bola kok enggak ada. Di latihan kemarin ada, tetapi sekarang tidak ada," ujar Rahmad kepada wartawan seusai latihan, Minggu (6/11/2011) sore.

Rahmad mengakui, hal ini memengaruhi penampilan anak asuhnya. Ia mengatakan, para pemain membutuhkan waktu 10-15 menit untuk beradaptasi dengan si kulit bulat. "Untuk itu, saya berharap besok waktu warming up kami akan diberikan bola tersebut," kata Rahmad.

Ketika ditanya soal kemungkinan terjadinya hujan yang bisa memperburuk kondisi lapangan, Rahmad menyatakan pasrah pada kondisi cuaca. Ia sudah mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut meskipun kondisi semacam itu akan mengubah permainan timnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Laksono Hari W