Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunas Garuda Kalah, tetapi Terpuji

Kompas.com - 26/10/2011, 04:55 WIB

LONDON, KOMPAS - Skuad Tunas Garuda Indonesia kalah 1-2 saat bertanding melawan tim Arsenal Soccer School U-17 pada laga persahabatan di lapangan Market Road, London, Inggris, Senin (24/10) waktu setempat. Meski begitu, tim pelatih di Sekolah Sepak Bola Arsenal memuji permainan tim Tunas Garuda.

”Babak pertama, kami kebobolan satu gol. Babak kedua, kami memasukkan dua gol, tetapi permainan kami buruk. Beberapa pemain Indonesia kram dan cedera, jadi tak maksimal. Indonesia bagus,” kata Ben, pelatih di Sekolah Sepak Bola Arsenal. Ia menambahkan, penampilan Tunas Garuda patut diapresiasi karena mampu mengimbangi tim Arsenal U-17, yang hampir semuanya berusia 16 tahun—satu tahun lebih tua dari anak-anak Tunas Garuda yang berusia 14-16 tahun.

Pada 45 menit pertama, Tunas Garuda bermain agresif dan menguasai lapangan. Tim dipimpin kapten Ichsan Kurniawan ini mampu mengecoh lawan yang postur tubuhnya lebih bongsor. Striker Nazarul Fahmi mencetak gol pada babak pertama.

Tim Arsenal mulai bermain ngotot setelah kebobolan satu gol. Kiper Adek Edo Kurnia Chaniago cedera setelah betis kirinya ditendang pemain lawan. Beberapa menit kemudian, Rendy Refsanyami juga terjatuh karena engkel kirinya dijegal pemain Arsenal.

Babak kedua, beberapa pemain Tunas Garuda terserang kram kaki karena suhu udara makin dingin, di bawah 10 derajat celsius. Kurangnya konsumsi air putih dan gula juga membuat energi terkuras.

Berlatih

Tim Tunas Garuda berada di London untuk berlatih sepak bola di Sekolah Sepak Bola Arsenal selama sepekan. Tim arahan pelatih asal Kamerun, Jules Denis Onana dari Sekolah Sepak Bola Indonesia, ini juga berkesempatan bertanding melawan tim U-17 dan U-15.

Hanya 16 pemain Tunas Garuda yang bertanding Senin lalu. Dua pemain lain, Frengky Pare Kagoya dan Andre Putra Wibowo, tertinggal di Indonesia karena persoalan visa. Frengky dan Andre diharapkan bisa bergabung untuk berlaga melawan tim Arsenal U-15, Kamis (26/10).

Tunas Garuda yang pembentukannya diprakarsai DPP Partai Demokrat ini berlatih di Arsenal Soccer Camp di Highgate Wood School, Homsey, London, bersama sejumlah pelajar di London yang sedang libur sekolah. Mereka berlatih teknik bermain bola mulai passing, dribel, hingga akurasi. Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum turut menyaksikan skuad Tunas Garuda berlatih di Homsey.

(SUSI IVVATY, dari London)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com