Jumat, 25 Juli 2014

Bola / Internasional

U-23 Indonesia Tekuk Timor Leste 5-0

Selasa, 25 Oktober 2011 | 17:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Timnas U-23 Indonesia tampil gemilang pada pertandingan uji coba lawan Timor Leste di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (25/10/2011). Dengan meyakinkan, mereka menekuk lawan 5-0.

Meski suporter Indonesia tak boleh masuk, Indonesia tampil penuh semangat dan menyerang. Bahkan, pertandingan baru berjalan lima menit, Indonesia sudah unggul 1-0 berkat sundulan Abdurrahman, memanfaatkan bola tendangan sudut.

Ini semakin memompa semangat. Dua menit kemudian, penyerang Ferdinand Sinaga lolos dari jebakan offside. Dari sudut sempit dan jarak jauh, ia melepaskan tendangan yang tak mampu dihalau kiper Timor Leste dan gol, 2-0.

Serangan terus dilancarkan. Timor Leste pun mulai frustrasi dan melakukan pelanggaran keras kepada Oktovianus Maniani di kotak penalti pada menit ke-16. Wasit pun memberi hadiah tendangan penalti kepada Indonesia. Patrick Wanggai, yang menjadi eksekutor, dengan baik menjebol gawang lawan, mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Serangan Indonesia semakin gencar, dan pemain Timor Leste kembali melakukan pelanggaran di kotak terlarang pada menit ke-20 kepada Andik Vermansyah. Egi Melgiansyah, yang giliran menjadi eksekutor, dengan mudah menundukkan kiper lawan. Indonesia pun unggul 4-0.

Permainan menjadi semakin panas. Bahkan, tak lama kemudian, sempat terjadi keributan antara Diego Michel dan pemain Timor Leste. Beruntung, insiden ini bisa berakhir cepat dan pertandingan segera dilanjutkan.

Indonesia tetap mendominasi dan beberapa kali membuat peluang. Namun, penyelesaian yang lemah membuat peluang demi peluang terbuang percuma. Babak pertama pun berakhir 4-0 untuk Indonesia.

Memasuki babak kedua, Indonesia terus menekan. Namun, pertahanan Timor Leste semakin sulit dibongkar.

Baru pada menit ke-72, Indonesia berhasil menambah gol lewat Samsir Alam. Gol bermula dari umpan silang di sisi kiri pertahanan Timor.

Bola gagal ditangkap kiper Timor, tetapi hanya mengenai tiang gawang atas. Namun, bola yang memantul langsung disosor Samsir Alam dan gol.

Indonesia sempat tertekan saat memasuki 10 menit terakhir. Beberapa kali Timor Leste melepaskan tendangan ke gawang. Beruntung, serangan Timor Leste tak mampu menjebol gawang Indonesia.

Indonesia mencoba kembali menguasai permainan. Namun, hujan lebat membuat permainan sulit berkembang, dan skor 5-0 untuk kemenangan Indonesia bertahan sampai pertandingan usai.

 


Editor : Hery Prasetyo