Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miroslave Janu Latih Persela Lamongan

Kompas.com - 07/10/2011, 00:02 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com — Untuk musim 2011-2012, Persela Lamongan akan ditangani Miroslave Janu yang sukses menjadikan Arema Indonesia runner-up Liga Super Indonesia musim lalu. Janu juga membawa serta asisten pelatih Tony Ho, Herman Kardiaman, dan Assegaf.

Ketua Umum Persela Lamongan, Fadeli, menyatakan, Didik Ludianto, asisten pelatih Persela yang sebelumnya membawa sukses Persela U-21 sebagai juara Liga Super Indonesia musim lalu, dipertahankan.

Persela juga merekrut pemain Eduard Tjong. Ia menjelaskan, pergantian pelatih kepala Persela itu untuk menyukseskan target Persela berada di klasemen atas, setidaknya masuk empat besar. Persela hanya menargetkan setidaknya bisa berada di posisi empat, dan untuk target juara, banyak pembenahan dari sisi pemain, juga kualitas lapangan.

"Persela harus berbenah supaya layak jual di mata calon sponsor. Pembenahan itu diawali dengan perekrutan pelatih kepala berkualitas. Semua akan dibenahi, termasuk penambahan pemain dan perbaikan rumput Stadion Surajaya Lamongan," kata Fadeli.

Kompetisi liga 2011/2012 akan segera dimulai meskipun jadwal pertandingannya belum ada. Janu berjanji berupaya keras seperti halnya yang sudah dilakukannya untuk PSM Makassar dan Arema Indonesia.

Dia sudah tahu komposisi pemain yang dimiliki Persela saat ini. Sejumlah pemain yunior masuk ke tim senior. Gustavo F Lopez dan Zulham M Zamrun masih memperkuat Persela, sedangkan Fabiano Darossa Beltram hengkang ke Persija.

Ia senang dengan pemain muda, tetapi akan dilihat dulu kualitasnya. Melihat komposisi pemain Persela saat ini, menurut Janu, perlu ada pembenahan di sektor belakang, gelandang, dan depan. Ada enam pemain yang diajaknya untuk bergabung di Persela, tetapi terkait perekrutan dan kontrak, dia percaya menjadi kewenangan penuh manajemen Persela.

"Terkait pemain asing, saya adalah pelatih yang disiplin. Saya hanya akan merekrut pemain asing yang disiplin dan bisa bekerja sama dengan pemain lokal," kata Janu.

Janu mengawali karier kepelatihan di Indonesia pada 2003 di Persigo Gorontalo. Pelatih yang lahir pada 8 November 1959 di Ceko itu hijrah ke PSM Makassar hingga 2005. Pada 2007 dia berlabuh di Arema Indonesia, kemudian musim 2008-2010 melatih Slavia Praha sebagai pelatih B. Pada musim kompetisi 2010/2011 Janu kembali melatih Arema Indonesia dan sukses menjadikan Arema runner-up Liga Super Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com