Rabu, 23 April 2014
Arsenal Ditundukkan Tottenham
Senin, 03 Oktober 2011 | 00:06 WIB
|
Share:
Daylife
Bek Tottenham Hotspur, Kyle Walker, melepaskan tembakan yang berujung gol ke gawang Arsenal, pada lanjutan Premier League, di White Hart Lane, Minggu (2/10/2011).

LONDON, KOMPAS.com — Arsenal menyerah 1-2 kepada Tottenham Hotspur pada laga Premier League, di White Hart Lane, Minggu (2/10/2011). Gol tuan rumah diciptakan oleh Rafael van der Vaart dan Kyle Walker, sedangkan gol Arsenal diciptakan Aaron Ramsey.

Tak lama setelah peluit tanda dimulainya laga berbunyi, Tottenham melancarkan serangan yang, meski tidak lancar, berujung pada tembakan Scott Parker dari jarak dekat. Tembakan Parker akurat, tetapi bisa diblok oleh Wojciech Szczesny.

Arsenal kemudian memperbaiki koordinasi permainan yang membuahkan sejumlah peluang. Namun, karena sejumlah kesalahan umpan pemain Arsenal, Tottenham juga beberapa kali mendapat kesempatan membalas.

Setelah tembakan Theo Walcott dan Bacary Sagna pada menit ke-16, misalnya, gagal membuahkan gol, Tottenham membalas melalui Rafael van der Vaart pada menit ke-19.

Tim tamu kembali menciptakan ancaman lewat tembakan Theo Walcott yang diantisipasi dengan baik oleh Brad Friedel pada menit ke-24. Usaha ini dibalas tembakan akurat Van der Vaart pada menit ke-28, yang bisa dijinakkan Szczesny.

Aksi saling serbu terus berlangsung, tetapi kebuntuan tak terpecahkan, sampai pada menit ke-40 Van der Vaart berhasil menyambut umpan Emmanuel Adebayor di tengah kotak penalti dan dalam kawalan Per Mertesacker melepaskan tembakan yang membuat bola melesat masuk ke sudut kiri bawah gawang Arsenal.

Aksi saling serbu terus terjadi setelahnya, tetapi papan skor tetap menunjukkan angka 1-0 saat peluit turun minum berbunyi.

Di babak kedua, Arsenal lebih dulu mengambil inisiatif menyerang dan mampu menekan tuan rumah. Hasilnya, pada menit ke-50, Arsenal menyamakan kedudukan lewat Aaron Ramsey. Gol bermula dari pergerakan Alex Song di sisi kanan pertahanan tuan rumah yang berujung umpan ke depan gawang, yang dibelokkan Ramsey masuk ke gawang Friedel.

Tottenham berusaha merebut kembali keunggulan mereka. Setelah sejumlah usaha patah di tengah jalan, Tottenham berhasil menciptakan gol kedua lewat Kyle Walker pada menit ke-74.

Gol bermula dari tembakan Luka Modric yang diblok oleh Song. Bola kemudian dikuasai Walker di luar kotak penalti dan ditembakkan ke sudut kanan bawah gawang Szczesny.

Dua menit setelahnya, giliran Gareth Bale mendapat peluang untuk memperbesar keunggulan. Namun, tembakan yang dilepaskan dari depan gawang tim tamu itu meleset ke sisi kiri gawang.

Arsenal belum menciptakan serangan berbahaya ketika Jermain Defoe berhasil menguasai umpan Bale dan melepaskan tembakan akurat pada menit ke-83. Untung bagi Arsenal, Szczesny berhasil menepisnya.

Arsenal mencoba memanfaatkan waktu sisa untuk mengejar ketertinggalan. Namun, usaha mereka terganggu oleh koordinasi permainan yang kurang solid dan umpan yang kurang akurat. Selain kesulitan menciptakan peluang, mereka juga beberapa kali nyaris kebobolan.

Pada menit ke-87, misalnya, Defoe melepaskan tembakan ke sudut kanan atas gawang Arsenal yang masih melebar.

Arsenal pada akhirnya terhindar dari gol ketiga tuan rumah. Namun, di sisi lain, mereka gagal mengejar ketertinggalan sampai peluit berbunyi panjang.

Selama 90 menit, Arsenal menguasai bola sebanyak 62 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 13 kali usaha. Adapun tuan rumah melepaskan enam tembakan akurat dari 18 kali percobaan.

Susunan pemain
Arsenal:
Brad Friedel; Ledley King, Younes Kaboul, Benoit Assou-Ekotto, Kyle Walker; Luka Modric, Scott Parker, Gareth Bale, Rafael van der Vaart (Sandro 64); Emmanuel Adebayor (Jake Livermore 85), Jermaine Defoe

Arsenal: Wojciech Szczesny; Alex Song, Per Mertesacker, Kieran Gibbs, Bacary Sagna (Carl Jenkinson 68); Mikel Arteta, Francis Coquelin, Gervinho (Andrei Arshavin 77), Theo Walcott (Yossi Benayoun 72); Robin van Persie, Aaron Ramsey

Wasit: Mike Dean

Editor : Tjatur Wiharyo