Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xavi: Barca Unggul Segalanya atas Madrid

Kompas.com - 27/09/2011, 01:12 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com — Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, mengungkapkan perbedaan antara timnya dan Real Madrid. Xavi menilai, Barcelona unggul segalanya atas rival abadi mereka tersebut.

Menurutnya, perbedaan terbesar dapat dilihat dari cara bermain kedua tim. Madrid, katanya, lebih condong ke permainan secara individual, bukan kolektivitas seperti yang diperagakan Barcelona.

"Perbedaan terbesar adalah penekanan dari sisi individu. Itu yang membuat mereka (Madrid) berlawanan dengan cara yang kami mainkan di Barcelona. Pemain Madrid jelas sangat bertalenta dari segi individu," jelas Xavi.

"Anda bisa lihat, kami punya individu yang hebat seperti Lionel Messi, pemain yang bisa mengubah jalannya pertandingan seorang diri. Tapi, kami masih punya kelebihan dari segi kesatuan dan kolektivitas. Madrid, bagaimanapun juga, mencoba untuk menang dengan kelas individu. Untuk kami, ini tentang sebuah kolektivitas," sambungnya.

Xavi kemudian menilai, Madrid mencoba untuk meniru metode mereka, tetapi akhirnya gagal. "Dalam kasus Madrid, mereka tak hanya ingin meniru kami. Mereka menyerang kami terlebih dulu karena mereka terus melakukan itu dalam empat atau lima tahun terakhir," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com