Kamis, 24 April 2014
6 Pemain Naturalisasi Bisa Perkuat Timnas
Rabu, 14 September 2011 | 21:28 WIB
|
Share:
Ferril Dennys
Mantan Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional PSSI, Iman Arif (tengah).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mengeluarkan surat kewarganegaraan Indonesia untuk enam pemain asing sehingga mereka dapat dinaturalisasi per 10 Oktober 2011.

Empat dari enam pemain tersebut merupakan keturunan asal Belanda, yakni Tonnie Cusell, Stefano Lilipaly, Johny Rudolf van Beukering, dan Sergio van Dijk. Adapun dua pemain lainnya berasal dari Nigeria dan tengah bermain di Liga Indonesia, yakni Greg Nwokolo (Persija Jakarta) dan Victor Chuckwuekezie Igbonefo (Persipura Jayapura).

Mantan Deputi Bidang Teknik Badan Tim Nasional, Iman Arif, mengatakan keenamnya bisa langsung memperkuat timnas dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Qatar di Doha.

"Di laga pertama melawan Qatar, mereka tidak bisa main. Baru di bulan November mereka bisa memperkuat timnas," kata Iman seperti dikutip Tribunnews.com, Rabu (14/9/2011).

Menurut Iman, enam pemain tersebut telah memenuhi syarat untuk menjadi bagian dari timnas Indonesia. Stefano Lilipaly, misalnya, dinilai bisa menjadi andalan lini tengah bagi timnas. Kini pemain berusia 21 tahun itu bermain untuk FC Utrecht. Kehadiran Sergio van Dijk juga dapat memperkuat lini depan tim karena ia pernah dua kali menjadi top scorer di Liga Utama Australia.

"Tapi semuanya tergantung pada pelatih timnas, apakah mereka masuk ke timnas atau tidak," kata Iman. Iman menyatakan, enam pemain itu akan diambil sumpah sebagai WNI paling lambat 10 Oktober. Sepekan kemudian mereka bisa mendapatkan kartu tanda penduduk dan paspor.

"Tapi sumpah tergantung kedatangan pemain. Seperti van Dijk, dia harus ke Indonesia dari Australia untuk merampungkan proses naturalisasi. Ini yang bisa makan waktu," ujar Iman.

 

Editor : Laksono Hari W