Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U-19 Indonesia Dibantai Vietnam 1-6

Kompas.com - 13/09/2011, 01:21 WIB

YANGON, KOMPAS.com — Tim nasional Indonesia U-19 menelan kekalahan telak 1-6 dari Vietnam dalam laga kedua grup B Piala AFF U-19, Senin (12/9/2011).

Hasil ini membuat Indonesia berada di posisi keempat dengan satu poin. Skuad "Merah Putih" pun diwajibkan meraih kemenangan dalam dua laga terakhir, menghadapi Brunei (14 September) dan Myanmar (16 September), demi menjaga peluang lolos ke babak empat besar.

Vietnam sudah unggul 2-0 saat pertandingan baru berjalan lima menit. Gol pertama dicetak melalui tandukan Nguyen Thank Hien seusai menerima umpan dari Ho Sy Sam. Gol kedua dilesakkan oleh Nguyen Xuan Nam.

Pada menit ke-13, "Tim Garuda" muda berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 lewat gol Zoel Fhadli. Namun, sebelum babak pertama berakhir, Vietnam mampu menambah keunggulan mereka menjadi 3-1 setelah sang kapten, Que Ngoc Hai, mencetak gol tambahan.

Vietnam kembali menjebol gawang Indonesia yang dikawal Adel Satria Nanda pada menit ke-47. Kebobolan empat gol, pelatih Indonesia, Zukilfi Alfat, mengganti Adel dengan Supianto.

Namun, pergantian ini tak memberi pengaruh besar. Indonesia malah kembali kebobolan dua gol. Sy Sam mencetak gol keduanya pada menit ke-57 dan Phan Dhin Thang menyempurnakan pesta gol Vietnam dua menit kemudian.

"Terlalu banyak melakukan kesalahan dan kebobolan dua gol pada menit awal mempengaruhi konsentrasi kami," ujar Zulkifli kepada wartawan.

Pada pertandingan lain Grup B, tuan rumah Myanmar berhasil melumat Brunei Darussalam dengan skor 6-0. Gol Myanmar dicetak oleh Yan Naing Htwe (pada menit ke-9 dan ke-35), Soe Paing Thway (41), Thiha Zaw (83 dan 87) dan Ye Ko Ko (90). (AFF)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com