Lehmann: Neuer Belum Kelas Dunia

Kompas.com - 03/09/2011, 01:37 WIB

MUENCHEN, KOMPAS.com Mantan kiper tim nasional Jerman, Jens Lehmann, mengakui Manuel Neuer saat ini merupakan kiper terbaik di negaranya. Namun, Lehmann menilai, Neuer belum pantas masuk deretan kiper papan atas dunia.

"Manuel terlihat berkelas dunia ketika dibandingkan kiper-kiper (Jerman) lainnya di luar sana. Namun, ia masih belum konsisten untuk benar-benar menjadi penjaga gawang kelas dunia. Ia harus meningkatkan kemampuannya di area itu," kata Lehmann.

"Ada banyak tekanan kepadanya untuk tampil baik karena protes dari penggemar (klubnya, Bayern Muenchen). Anda hanya akan semakin baik jika Anda bisa menangani tekanan seperti itu," tambah Lehmann.

Neuer sempat dihujat pendukung garis keras Bayern pada awal musim ini. Pasalnya, ia datang dari Schalke 04 yang merupakan salah satu seteru abadi "Der Bavarians".

Hingga kini, Neuer telah membela Bayern sebanyak empat kali di Bundesliga dan baru kebobolan satu gol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    komentar di artikel lainnya
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com