Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Persija di Tangan PSSI

Kompas.com - 24/08/2011, 21:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasib Persija Jakarta masih mengambang. Mediasi antara dua pihak yang bertikai gagal dilakukan. Kini, bola berada di tangan PSSI untuk menentukan pihak mana yang berhak mewakili "Macan Kemayoran" untuk diverifikasi.

Untuk lolos menjadi klub profesional, setiap tim termasuk Persija harus mendaftar ulang ke PSSI dan harus memenuhi syarat yang ditentukan. Persija didaftarkan oleh dua badan hukum. Badan hukum pertama atas nama PT Persija Jaya Jakarta yang didaftarkan oleh Ferry Paulus. Adapun badan hukum kedua adalah PT Persija Jaya yang didaftarkan Bambang Sucipto.

PSSI meminta "Macan Kemayoran" segera menyelesaikan masalah dualisme kepemilikan klub tersebut. PSSI memberi tenggat waktu sampai Rabu (24/8/2011) petang, sekaligus memutuskan badan hukum mana yang berhak mewakili Persija. Namun, hal ini gagal setelah pihak Bambang Sucipto tak hadir dalam pertemuan tersebut.

"Saya tunggu 16.30 sampai jam 19.00, tapi dia enggak hadir. Tadi saya sampaikan hal ini sama Pak Sihar Sitorus (Ketua Bidang Kompetisi PSSI)," kata Benny Erwin selaku Direktur Utama PT Persija Jaya Jakarta di kantor PSSI, Rabu malam.

Dengan demikian, masih ada dua badan hukum yang mendaftarkan Persija di PSSI. Benny berharap tim verifikasi PSSI dapat bersikap bijaksana dalam menyikapi masalah ini. Menurutnya, hal terbaik yang bisa dilakukan PSSI adalah memeriksa berkas-berkas kedua perusahaan itu dan memilih mana yang terbaik.

"Saya cuma minta Pak Sihar untuk memeriksa dokumen di mana yang lengkap keabsahannya, di situlah yang menentukan. Bagaimanapun juga saya mohon kebijakan, di mana PSSI melihat dokumen yang lebih lengkap dan sesuai lima aspek yang diminta tim verifikasi. Intinya bola di tangan PSSI," ujar Benny.

Benny sendiri mengaku yakin, kubunya bakal menang dan dipilih PSSI lantaran semua aspek sudah dipenuhi. Menurut Ferry Paulus, pihaknya juga sudah menyiapkan dana deposito berupa bank garansi.

"Kami sudah proses sejak Jumat (19/8/2011) lalu, tapi belum selesai. Kami sudah sampaikan ini ke Pak Sihar. Dari 15 poin yang diminta, kami juga sudah lengkapi semua, bahkan lebih tiga. Izin Gubernur juga ada," papar Ferry.

Sikap PSSI akan diketahui pada Kamis (25/8/2011) besok di mana organisasi sepak bola nasional itu akan mengumumkan hasil verifikasinya pada Kamis petang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com