Kamis, 21 Agustus 2014

Bola / Internasional

Indonesia Belum Terkalahkan di Homeless World Cup

Selasa, 23 Agustus 2011 | 01:23 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Tim Street Soccer Indonesia belum terkalahkan di turnamen Homeless World Cup 2011. Indonesia untuk sementara duduk di puncak klasemen setelah mengalahkan Skotlandia lewat drama adu penalti, Senin (22/8/2011).

Kedua tim bermain seri 8-8 pada waktu normal. Sesuai peraturan, pertandingan ditentukan lewat sudden-death penalty dan akhirnya Indonesia yang memenangkannya. Tim yang memenangkan adu penalti hanya mendapatkan dua poin. Sebelum mengalahkan Skotlandia, Sandy Gempur Purnama dan kawan-kawan berhasil membungkam Kirgistan 9-4 dan Romania 7-4.

Berkat tiga kemenangan ini, Indonesia untuk sementara duduk di puncak klasemen dengan mengoleksi delapan poin. Mereka unggul satu poin dari Skotlandia yang berada di peringkat kedua. Indonesia sendiri masih menyisakan dua pertandingan yakni melawan Jerman dan Irlandia.

Homeless World Cup merupakan kompetisi street soccer yang diikuti tim dari berbagai negara dengan membawa isu yang diusung dari negara masing-masing. Indonesia yang diwakili oleh Tim Sepak Bola Rumah Cemara membawa permasalahan HIV sebagai isu mereka dengan empat pemain yang posisif HIV.

Rumah Cemara adalah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam perlindungan penderita HIV-AIDS di Indonesia. Ini  merupakan keikutsertaan pertama Indonesia dalam ajang tersebut setelah tahun lalu gagal berangkat ke Brasil gara-gara tidak ada pendanaan. (HWC)

 


Editor : Tjatur Wiharyo