Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MU Dimenangkan Gol Bunuh Diri

Kompas.com - 14/08/2011, 23:38 WIB

WEST BROM, KOMPAS.com — Pekan pertama Premier League memang sulit bagi klub-klub besar. Setelah Liverpool, Arsenal, dan Chelsea dipaksa bermain seri, kini Manchester United (MU) pun butuh gol bunuh diri untuk mengalahkan  West Brom Albion (WBA) 2-1, Minggu (14/8/2011).

Dengan kemenangan ini, MU berhasil menempati posisi kedua dengan tiga poin. Sementara itu, West Brom harus rela menempati posisi ke-18.

MU tampil menekan sejak awal babak pertama. Lewat Aslhey Young, Wayne Rooney, Danny Welbeck, dan Luis Nani, MU berupaya keras untuk menembus pertahanan West Brom yang dikomandoi oleh Gabriel Tamas.

Usaha MU pun membuahkan hasil pada menit ke-13. Setelah menerima umpan Young dari sisi kiri, Rooney mampu mengontrol bola, sebelum akhirnya memasukkannya ke gawang West Brom dengan kaki kirinya. Skor 1-0 untuk MU.

Nani punya kesempatan emas pada menit ke-22 untuk menggandakan keunggulan MU. Saat menerima umpan Rooney, Nani sebenarnya sudah dalam posisi ideal untuk mencetak gol. Sayang, karena terlalu terburu-buru, bola hasil tendangannya masih melambung di atas mistar gawang West Brom yang dikawal oleh Ben Foster.

Nani kembali membuang peluang pada menit ke-30. Lagi-lagi pemain asal Portugal ini terlalu terburu-buru dalam mengeksekusi bola muntah dari Foster. Bola kembali melambung tinggi di atas mistar gawang.

West Brom bukan tanpa peluang. Shane Long berhasil lolos dari kawalan bek MU dan melepaskan bola dengan kaki kanannya tepat ke arah gawang. Beruntung, David De Gea tampil gemilang dengan menepis bola dan hanya memberikan tendangan sudut kepada tim tamu.

From hero to zero. Kata tersebut tampaknya layak diberikan kepada De Gea. Ya, setelah berhasil mematahkan peluang emas Long, kiper asal Spanyol ini membuat kesalahan fatal pada menit ke-37. Ia terlambat menutup pergerakan bola hasil tendangan Long yang akhirnya membuat West Brom berhasil menyamakan kedudukan.

Pada babak kedua, MU mengambil inisiatif untuk langsung tampil menekan. Namun, mereka kerap kesulitan dalam membongkar pertahanan tuan rumah yang tampil sangat disiplin. Melihat lini depannya kurang tajam, Manajer MU Sir Alex Ferguson memasukkan Dimitar Berbatov menggantikan peran Danny Welbeck.

Namun, bukan Berbatov yang membuat MU kembali unggul, melainkan Young. Menyisir sisi kiri, Young berhasil melewati beberapa pemain West Brom untuk memasuki kotak penalti lawan. Pemain yang direkrut dari Aston Villa ini pun melepaskan umpan silang yang justru mengenai kaki Steven Reid. Bola defleksi itu justru membobol gawang West Brom dan menjadi gol kemenangan MU 2-1.

Susunan pemain

West Brom: Ben Foster, Jonas Olsson, Gabriel Tamas, Nicky Shorey, Steven Reid (Gonzalo Jara 85), Youssuf Mulumbu, Paul Scharner, James Morrison, Chris Brunt, Shane Long (Simon Cox 88), Somen Tchoyi

MU: David De Gea, Nemanja Vidic (Jonny Evans 52), Rio Ferdinand (Phil Jones 75), Fabio, Chris Smalling, Anderson, Tom Cleverley, Ashley Young, Nani, Danny Welbeck (Dimitar Berbatov 65), Wayne Rooney

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com