Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suarez Nyaris Selevel "King Kenny"

Kompas.com - 21/07/2011, 05:50 WIB

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Mantan bek Liverpool, Mark Lawrenson, berpendapat, kemampuan Luis Suarez hampir mendekati kemampuan yang dimiliki oleh Kenny Dalglish ketika menjadi pemain "The Reds" pada era 1977-1990.

Suarez didatangkan dari Ajax pada pertengahan musim lalu. Penyerang asal Uruguay itu pun langsung membuktikan kualitasnya di Anfield. Tidak bisa dimungkiri, Suarez menjadi aktor penting kebangkitan "Si Merah" setelah sukses finis di peringkat keenam pada akhir musim.

Suarez kembali menjadi buah bibir ketika tampil di Copa America 2011. Dua gol yang diciptakan penyerang berusia 24 tahun ke gawang Peru itu mengantarkan Uruguay lolos ke babak final.

Tambahan dua gol menempatkan Suarez untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak bersama penyerang Argentina, Sergio Aguero, yang masing-masing mengemas tiga gol.

"Suarez adalah satu pemain besar bagi saya. Banyak pemain telah bergabung dengan Liverpool dan orang-orang mengatakan: pemain itu mengingatkan kami dengan Dalglish. Namun menurut saya, Suarez adalah yang paling mendekati," ujar Lawrenson seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Kenny pun tampak bersemangat ketika dia berbicara soal Suarez. Ketika Anda melihat seperti apa gol Suarez ke gawang Sunderland musim lalu, Anda pasti bertanya-tanya bagaimana dia melakukannya?"

"Dia memiliki kemampuan luar biasa. Dia sangat memperhatikan segala hal. Dia merupakan pekerja tim yang siap membantu dan semua pemain dari Amerika Selatan bisa mencontohnya," tuturnya.

Dalglish tampil 355 kali dan mencetak 118 gol ketika masih membela Liverpool. Dalglish pun tergolong sukses sebagai pelatih usai memutuskan gantung sepatu pada 1990. Sebelum melatih Liverpool, Dalglish pernah menangani Blackburn Rovers, Newcastle United, dan Celtic. (LIV)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com