Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

George Toisutta Tetap Maju Bursa Ketua Umum PSSI

Kompas.com - 30/04/2011, 13:53 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com  - George Toisutta, bakal calon Ketua Umum PSSI, menegaskan tetap akan maju dalam bursa pencalonan Ketua Umum PSSI, meski Komisi Normalisasi (KN) PSSI telah mengumumkan menolak dan menggugurkan pencalonan namanya.

Toisutta menyatakan dirinya maju dalam bursa tersebut bukan dengan cara mencalonkan diri, tetapi dicalonkan oleh teman-temannya. "Saya nggak mencalonkan diri, saya dicalonkan sama teman-teman saya," ujarnya, di sela acara Tradisi Puncak Tidar Calon Wisudawan Purnawira Pati TNI AD TA 2011, di Akademi Militer Kota Magelang, Sabtu (30/4/201).

Ia mengaku terus mendapatkan dukungan dan bantuan dari teman-temannya. Oleh sebab itu, jika teman-temannya tetap mencalonkan dirinya maju dalam bursa Ketua Umum PSSI ini, maka ia juga tetap akan terus maju.

Sementara itu, terkait pernyataan Ketua KN PSSI, Agum Gumelar yang menyatakan dirinya sudak tidak memiliki kesempatan untuk mengajukan banding, George justru mempertanyakan keputusan tersebut. "FIFA itu keputusan yang mana?" ujar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI itu. Ia menjelaskan, selama ini ada salah tangkap dalam masyarakat menilai tentang struktur organisasi FIFA.

Menurutnya, FIFA sama dengan PSSI, yang mana jabatan sekretaris jenderal (Sekjen) berada di luar struktur. "Keputusan Sekjen hanya berupa administrasi, jadi keputusan hukum itu harus ketua atau wakil ketua," tegasnya.

Ia juga menegaskan, FIFA dalam dunia olah raga merupakan lembaga eksekutif, dan bukan yudikatif yang berkewenangan memutuskan. "Jangan mau dibohongi orang-orang pinter Indonesia, ada orang pinter yang keblinger," candanya.

Seperti diketahui, berdasarkan instruksi FIFA lewat suratnya pada 4 dan 21 April 2011, KN juga bertindak sebagai Komite Pemilihan (KP) kemarin telah mengumumkan menolak dan menggugurkan pencalonan nama George Toisutta, Arifin Panigoro, Nirwan Dermawan Bakrie, dan Joko Driyono sebagai calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Exco PSSI periode 2011-2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com