Jumat, 31 Oktober 2014

Bola / Liga Indonesia

Liga Futsal Digelar di Tiga Kota

Sabtu, 16 April 2011 | 19:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Futsal Nasional Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia menggulirkan kompetisi Specs Liga Futsal Indonesia V yang rencananya digelar di tiga kota, yaitu Jakarta, Lampung, dan Palembang.

Pertandingan putaran pertama akan digelar di Vidi Arena Pancoran, Jakarta, mulai 19-26 April; putaran kedua di Saburai, Lampung, 30 Mei-4 Juni; dan putaran ketiga di Palembang, 6-10 Juli. Untuk pertandingan babak final four, 22-23 Juli, dan final, 24 Juli, digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

"Untuk LFI, tahun ini kami kembali menggandeng perusahaan perlengkapan olahraga Specs. Kami berharap dengan adanya kerja sama ini, kompetisi bisa sesuai dengan yang diharapkan," kata Sekretaris BFN Fried Rudi di Jakarta, Sabtu (16/4/2011).

Menurut dia, pada kompetisi tahun ini diikuti sembilan klub sama dengan kompetisi sebelumnya dan dua klub di antaranya tim promosi atau sebelumnya bertanding di kompetisi amatir.

Sembilan klub profesional itu adalah Harimau Rawa (Riau), Electric PLN (Jakarta), Pelindo II (Jakarta), Futsal Kota Bandung (Jawa Barat), Jatim Futsal (Jakarta), Bank Sumut FC (Sumatra Utara), IM Sriwijaya United (Sumatra Selatan), JICT Futsal (Jakarta), dan Jaya Kencana (Tangerang Selatan).

"JICT Futsal dan Jaya Kencana adalah tim debutan. Keduanya baru saja naik kelas," katanya.

Fried menjelaskan, pada pertandingan pertama, juara bertahan Harimau Rawa akan ditantang Electric PLN, dilanjutkan Jaya Kencana melawan Futsal Kota Bandung. Pertandingan ketiga antara Jatim Futsal melawan IM Sriwijaya United dan ditutup pertandingan antara Bank Sumut melawan JICT Futsal.

"Kami telah siap turun di LFI tahun ini meski formasi pemain berbeda dengan kompetisi tahun lalu. Yang jelas kami akan berusaha semaksimal mungkin mempertahankan gelar," tutur Asisten Pelatih Harimau Rawa Evan Romeo saat dikonfirmasi.

Saat merebut juara LFI IV, Harimau Rawa diperkuat beberapa pemain nasional yang telah kenyang akan pengalaman, baik di pertandingan nasional maupun internasional, di antaranya Socrates Matulessy.

Sementara itu, Manajer Pemasaran Dalam Negeri Specs Ricky Yakobi mengatakan, perkembangan futsal dari tahun ke tahun terus meningkat sehingga membuat perusahaannya menggandeng BFN untuk menggelar kompetisi profesional.

"Saat ini kami memang fokus pada pengembangan sepak bola dan futsal. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mendukung cabang lain, seperti bulu tangkis," katanya usai Technical Meeting LFI V di kantor BFN Jakarta.

Ia menjelaskan, selain mendukung pelaksanaan kompetisi, pihaknya juga telah mendukung peralatan olahraga untuk beberapa klub yang turun di LFI. Bahkan, pihaknya juga mengontrak duta Specs dari pemain futsal.


Editor : Hery Prasetyo