Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI: Tak Ada Pertemuan KONI-Dubes dan FIFA

Kompas.com - 09/03/2011, 14:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan tidak ada pertemuan khusus antara Presiden FIFA Joseph "Sepp" Blatter dan Dubes RI untuk Swiss, Joko Susilo, maupun dengan Ketua KONI Rita Subowo. Dalam situs resmi PSSI dituliskan, yang terjadi adalah pertemuan antara petinggi FIFA dan jajaran dubes negara-negara Asia.

Pertemuan di markas besar FIFA di Zurich ini, menurut PSSI, antara lain terkait sosialisasi penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar. Anggota Komite Etik FIFA, Suryadharma "Dali" Tahir, juga mengklaim bahwa Direktur Asosiasi dan Pengembangan FIFA, Thierry Regennas, yang mengikuti pertemuan tersebut, membenarkan tidak adanya pertemuan khusus.

"Menurut keterangan Thierry Regennas, tidak ada pembicaraan resmi antara Blatter dan Dubes RI. Mereka hanya mengobrol beberapa kalimat. Hasil rapat Exco FIFA tetap menjadi acuan. Tidak ada perubahan. Kepada Rita Subowo juga sudah disampaikan hal yang sama," demikian diungkapkan Dali Tahir, Rabu (9/3/2011) pagi.

Dali Tahir bersama Wakil Ketua Umum PSSI Nirwan Dermawan Bakrie pada Senin sebelumnya juga mengaku sudah bertandang ke markas besar FIFA dan bertemu langsung dengan Sekjen FIFA Jerome Valcke. Kedatangan mereka berdua terkait penyelenggaraan Kongres PSSI sebagaimana sudah ditetapkan FIFA sebelumnya, yakni 26 Maret untuk kongres pembentukan Komite Pemilihan dan sebelum 30 April untuk Kongres Pemilihan.

Menurut Nirwan Dermawan Bakrie, dalam pembicaraan dengan Jerome Valcke, tidak ada keputusan apa pun dari FIFA menyangkut pencalonan seseorang pada Kongres Pemilihan mendatang. "Tidak ada penyebutan nama," ujar Nirwan Bakrie yang saat dihubungi pada Rabu pagi tadi berada di London, Inggris.

Nirwan D Bakrie juga menegaskan, jika ada perubahan, maka FIFA tentu akan segera berkirim surat ke PSSI. "Sejauh ini tidak ada perubahan. Kita tetap berpatokan pada surat FIFA tanggal 3 Maret lalu itu," ungkap Wakil Ketua Umum PSSI.

Ditegaskan kemudian oleh Nirwan D Bakrie, PSSI tetap akan mengacu pada surat FIFA karena itu merupakan hasil keputusan Rapat Exco FIFA. "Jadi kalau ada perubahan mestinya diputuskan juga melalui Rapat Exco," ungkap Nirwan.

Sebagaimana diberitakan, Joko Susilo dan Rita Subowo telah bertemu Blatter, Selasa (8/3/2011) sore. Hasil pertemuan Joko dengan Blatter adalah, FIFA melarang Nurdin Halid dicalonkan dalam Kongres Pemilihan Ketua Umum PSSI 2011-2015 karena berstatus mantan narapidana. Sementara itu, hasil pertemuan Rita dengan FIFA adalah Blatter menolak calon yang digugurkan oleh Komite Banding, seperti Arifin Panigoro, Nirwan Bakrie, dan George Toisutta, untuk dicalonkan pada Kongres Pemilihan Ketua Umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com