Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Fisik Bergabung

Kompas.com - 16/12/2010, 09:27 WIB

CIMAHI, KOMPAS - Kartono Pramdhan resmi bergabung dengan tim Bandung FC sebagai pelatih fisik di Lapangan Brigif 15/Kujang II, Cimahi, Rabu (15/12). Programnya diharapkan bisa mendongkrak performa fisik pemain menjelang Liga Primer Indonesia yang dimulai 24 hari lagi.

Pada latihan sore, para pemain mendapatkan materi latihan fisik ringan dari Kartono, seperti pere-gangan, variasi berlari dilanjutkan eksekusi ke gawang lawan, serta membangun stamina.

Di sela latihan, dia belum bisa memberikan pendapat subyektif mengenai kondisi fisik pemain karena belum mendapatkan data kemampuan fisik untuk merancang program lebih lanjut. ”Secara umum kondisi fisik pemain cukup bagus,” katanya.

Sebelumnya, Kartono menjabat sebagai pelatih fisik Persib U-21 dalam musim kompetisi 2009-2010. Lulusan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung itu direncanakan bergabung sejak Bandung FC memulai latihan. Namun, dia baru bisa bergabung setelah mengundurkan diri dari PT Liga Indonesia.

Pelatih kepala Bandung FC Nandar Iskandar mengaku sudah beberapa kali berbicara dengan Kartono sejak timnya bertanding di Semarang, Jawa Tengah, untuk laga pramusim.

Kamis pagi ini para pemain direncanakan menjalani serangkaian tes fisik, seperti tes kebugaran, kecepatan, dan kelincahan. Hasil pemeriksaan tersebut diharapkan menjadi sumber data bagi Kartono dan Nandar untuk menyusun program latihan.

Menurut Nandar, program yang dibawa Kartono tetap dirundingkan dengan pelatih lain. Keberadaan pelatih fisik diharapkan memperkaya program latihan yang sedang dijalankan sehingga hasilnya lebih optimal. Salah satu tujuan pemusatan latihan yang digelar menjelang turnamen LPI dimulai adalah mendongkrak kemampuan fisik pemain.

”Untuk sekarang, kami hanya fokus pada aspek stamina dan kecepatan. Kami tidak memiliki banyak waktu untuk membangun kekuatan pemain,” ujarnya.

Sambut baik

Para pemain Bandung FC menyambut baik kehadiran pelatih fisik dalam latihan mereka. Seperti diungkapkan Yaris Riyadi, dia merasa menu latihan kian bervariasi dan menantang.

Dia yakin, perbedaan usia antara Kartono yang masih 25 tahun dan sebagian pemain yang berusia 30 tahun ke atas tidak bakal menimbulkan masalah.

”Di lapangan, dia menjadi pelatih kami,” katanya sambil berjalan menuju bus pemain.

Dibandingkan dengan sebulan sebelumnya saat para pemain baru menjalani seleksi, permainan Bandung FC jauh lebih baik, terutama pada kontrol bola dan koordinasi tim. Kehadiran Perry N Somah di lini depan, Kim Sang-duk di lini tengah, dan didukung Michael Ndubuisi di lini belakang tidak menyebabkan alur permainan Bandung FC timpang. (eld)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com