Kamis, 18 September 2014

Bola / Liga Spanyol

Akhirnya, Barcelona Pakai Sponsor

Sabtu, 11 Desember 2010 | 08:10 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Barcelona membuat sejarah dengan mendobrak tabu lama. Klub Catalan ini akhirnya bekerja sama dengan sponsor. Barcelona menguumkan, Qatar Foundation menjadi sponsor kaus pertama mereka dengan nilai kontrak  150 juta euro (kira-kira Rp1,7 triliun) dari 2011 hingga tahun 2016. Nilai yang juga mencatat sejarah baru.

Barcelona merupakan klub milik publik Catalan. Sejak berdiri, mereka "mengharamkan" sponsor dan klub dijalankan atas biaya komunitas dan hasil pertandingan. Namun, seiring perjalanan waktu, Barcelona akhirnya menjadi institusi bisnis juga.

Kaus Barcelona pertama ditempeli logo pihak lain dengan ukuran besar adalah Unicef. Ini bukan sponsor, tapi lebih sebagai kerja sama kerja sosial. Sebab, Barcelona juga menyumbangkan sebagian dananya untuk anak-anak. Selain itu, Barcelona juga ikut mengkampanyekan program-program Unicef.

Sementara, Qatar Foundation akan menjadi sponsor karena harus membayar kepada Barcelona sebagai kompensasi memasang logo di kaus mereka. Namun, kerja saama sponsor ini tak akan menghilangkan logo Unicef di kostum Barca. Rencananya, logo Qatar Foundation akan dipasang bersamaan dengan logo Unicef .

Qatar Foundation dibentuk pada tahun 1995. yayasan ini bergerak untuk memajukan pendidikan, pengetahuan ilmiah, riset, dan pengembangan komunitas negara-negara arab.

Dengan tercapainya kerja sama ini, maka "El Barca" berhak mendapatkan keuntungan sebesar 165 juta euro (sekitar Rp 1,9 triliun) hingga tahun 2016. Bahkan, musim ini saja, "El Barca" sudah diberi uang sebesar 15 juta euro (sekitar Rp 178 miliar) sebagai awal  perjanjian kerja sama mereka.

Ini disebut-sebut sebagai kerja sama dengan nilai terbesar yang pernah ada di sejarah sepak bola. Hanya ada dua klub yang bisa mendekati rekor perjanjian kerja sama sebesar itu, yakni Manchester United (MU) dan Liverpool. MU yang disponsori oleh Aon dan Liverpool yang disponsori Standard Chartered hanya memperoleh keuntungan sekitar 23,6 juta euro (kira-kira Rp 281 miliar).

Ketika melakukan jumpa pers di stadion Camp Nou, Wakil Kepala Bendahara Barceona, Javier Faus, mengatakan, "Dengan kerja sama ini, Barcelona menjadi klub dengan sponsor terbesar di dunia mengalahkan semua sponsor klub yang pernah ada." (SCN)


Editor : Hery Prasetyo