Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI Naturalisasi Christian Gonzalez

Kompas.com - 14/10/2010, 09:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif mengungkapkan, pihaknya telah mengajukan empat berkas calon pemain naturalisasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Salah satu nama yang diajukan untuk dinaturalisasi adalah striker asal Persib, Christian Gonzalez (Uruguay).

"Tiga pemain lainnya yakni Jhonny Rudolf van Beukering (Belanda), Raphael Guillermo Eduardo Maitimo (Belanda), Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman). Berkas Gonzales, Maitimo, dan Van Beukering sudah saya masukkan kemarin. Sementara itu, Kim sudah seminggu lalu saya masukkan berkasnya," ungkap Iman ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (14/10/2010).

Di antara nama-nama tersebut, Gonzalez nyaris tak terdengar untuk disertakan dalam rencana PSSI untuk menaturalisasi pemain-pemain asing. "Dia sudah lama tinggal di Indonesia. Istrinya juga orang Indonesia. Dan, saya sudah berbicara kepadanya. Sementara itu, Maitimo dan Van Beukering memang sangat berminat membela 'Merah Putih'," lanjutnya.

Lebih lanjut, Iman mengatakan, keempat pemain tersebut diproyeksikan akan tampil membela Indonesia di ajang Piala AFF pada Desember mendatang. "Mudah-mudahan proses naturalisasi bisa selesai akhir bulan ini," ujar Iman.   Iman mengatakan, PSSI rencananya hanya akan menaturalisasi lima pemain. Menurutnya, kemungkinan besar satu kuota lagi akan dimiliki Serginho van Dijk. "Ada perbedaan pandangan politik di keluarga Tobias Jesajas Waisapiy. Saya lebih memilih Van Dijk. Dia penyerang yang cukup berkualitas. Saat ini bersama Adelaide United, ia menjadi pencetak skor," ucap Iman.

"Van Dijk meminta kepada saya untuk mencarikan klub di Inggris sebab keluarganya tidak betah lagi berada di Australia. Saya yakin bisa mencarikan dia klub di Inggris meskipun klub dan Federasi Australia sangat sulit untuk melepasnya," pungkas Iman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com