Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Villa Antarkan Spanyol Bertemu Jerman

Kompas.com - 04/07/2010, 03:15 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Gol tunggal David Villa sudah cukup bagi Spanyol untuk mengalahkan Paraguay di perempat final Piala Dunia 2010. Kemenangan 1-0 itu menandai langkah Spanyol ke semifinal dan bertemu dengan Jerman.

Butuh waktu 83 menit bagi Spanyol untuk mencetak gol semata wayang di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Sabtu (3/7/2010). Tak mudah bagi kedua tim untuk membuat gol karena alotnya pertandingan sejak menit pertama. Kedua tim bahkan gagal memanfaatkan hadiah penalti yang terjadi berurutan di babak kedua.

Spanyol yang mengawali permainan dengan tempo lambat bahkan tak bisa membuat bidikan ke arah gawang karena pressing ketat dari "La Albirroja". Di awal babak kedua, Spanyol pun masih kesulitan melahirkan peluang.

Bek tengah Spanyol Gerard Pique justru membuat kesalahan pada menit ke-58 ketika ia menarik Oscar Cardozo di kotak penalti. Cardozo sendiri yang mengeksekusi bola di titik putih, tapi Casillas berhasil menebak arah bola.

Hanya dalam waktu semenit, giliran Paraguay dijatuhi hukuman penalti karena pelanggaran Antolin Alcaraz atas David Villa. Xabi Alonso maju sebagai algojo dan berhasil mengeksekusinya. Namun, wasit Carlos Batres menganulir gol itu karena ada pemain masuk kotak penalti sebelum Alonso menendang bola. Pada usaha kedua, Alonso gagal menipu Villar. Bolanya ditepis sang kiper dan kembali ke lapangan permainan.

Tanpa Fernando Torres, "La Furia Roja" justru semakin sering masuk ke pertahanan Paraguay. Namun, gol Spanyol baru tercipta delapan menit sebelum bubar. Gol itu lahir setelah Andres Iniesta memberikan bola kepada Pedro di kotak penalti. Tendangan Pedro membentur tiang, tapi bola mengarah kepada Villa. Sepakan Villa pun tak langsung masuk, tapi dua kali mengenai rangka gawang dan akhirnya bergulir melewati garis gawang.

Dua menit menjelang bubar, Paraguay hampir menyamakan skor lewat Roque Santa Cruz. Dasar apes, tendangan striker Manchester City itu membentur lutut Casillas. Semenit kemudian, giliran tendangan jarak dekat Villa pun dimentahkan oleh oleh Villar. Pertandingan dramatis ini pun diakhiri dengan tangis pemain Paraguay dan kegembiraan Spanyol.

Susunan pemain: Paraguay: Villar; Veron, Da Silva, Alcaraz, Morel; Barreto (Vera 64), Caceres (Barrios 84), Riveros; Santana, Cardozo, Valdez (Cruz 73).

Spanyol: Casillas; Ramos, Pique, Puyol (Marchena 84), Capdevila; Xavi, Busquets, Alonso (Pedro 75); Iniesta, Torres (Fabregas 56), Villa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com