Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Villa, Spanyol Singkirkan Portugal

Kompas.com - 30/06/2010, 03:21 WIB

CAPE TOWN, KOMPAS.com - Penyerang Spanyol, David Villa, mencetak gol yang menentukan kemenangan timnya 1-0 atas Portugal, di babak 16 besar Piala Dunia, Selasa (29/6/2010). Mereka pun melaju ke perempat final, di mana Paraguay sudah menanti.

Spanyol pantas berlega hati karena mereka memang sejak menit awal mereka menyerang, tetapi terus mengalami kesulitan mencetak gol. Di sisi lain, selepas menit ke-20, meski tak kebobolan, mereka mulai mendapatkan sejumlah ancaman dari Portugal yang memainkan serangan balik.

Di tengah geliat Portugal, Spanyol mampu cukup konsisten menggulirkan tekanan demi tekanan. Sayang, buruknya koordinasi lini depan membuat alur umpan mereka kerap terbuang karena menemui ruang kosong atau disambut pemain lawan. Skor 0-0 pun bertahan sampai akhir laga.

Memasuki babak kedua, permainan tak berubah, sampai pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque menarik Fernando Torres dan memasukkan Fernando Llorente pada menit ke-59.

Masuknya Llorente membuat permainan Spanyol lebih agresif dan variatif. Hasilnya, pada menit ke-61, Spanyol nyaris unggul berkat Llorente.

Saat itu, dari depan mulut gawang Portugal, ia berhasil menanduk umpan silang tepat ke sasaran. Sayang, bola berhasil diblok Eduardo.

Tak mau kehilangan momen, Spanyol terus melancarkan tekanan yang berujung gol Villa pada menit ke-63. Dari tengah kotak penalti, memanfaatkan bola muntah hasil tembakannya sendiri yang diblok Eduardo, Villa mengirim bola ke tengah gawang Portugal.

Gol itu melambungkan moral Spanyol. Dengan penguasaan bola yang lebih tenang, mereka semakin rajin mengancam gawang Portugal.

Pada menit ke-70, misalnya, Ramos menggiring bola masuk kotak penalti dan melepaskan tembakan mendatar yang menyasar tengah gawang Portugal. Namun, Eduardo berhasil menepis bola sehingga keluar lapangan.

Portugal belum berkutik ketika pada menit ke-77, Spanyol kembali menebar ancaman gol melalui Villa. Memanfaatkan umpan Ramos, ia melepaskan tembakan akurat, yang kembali dimentahkan Eduardo.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com