Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Formasi Baru Juventus

Kompas.com - 03/02/2010, 00:09 WIB

TURIN, KOMPAS.com - Pelatih Juventus, Alberto Zaccheroni, akan menggunakan formasi baru di timnya. Formasi ini pernah ia gunakan di AC Milan dan Udinese.

Zaccheroni akan mempertimbangkan formasi 4-3-1-2 atau 3-4-3 untuk mengubah formasi 4-2-3-1 yang diterapkan oleh pelatih sebelumnya, Ciro Ferrara. Sistem lama buatan Ferrara diyakini dapat memberi peran lebih banyak kepada striker lapis kedua seperti Diego, Sebastian Giovinco, Mauro Camoranesi.

"Saya meminta tim bermain seperti yang telah mereka lakukan, tapi tidak terjadi. Saya melihatnya agak terlalu memaksa dan muluk-muluk untuk melakukannya," kata Zaccheroni seperti dikutip La Republicca.

"Formasi 4-3-1-2 merupakan salah satu kemungkinan," tambah mantan pelatih AC Milan tersebut.

Zaccheroni sebelumnya pernah menggunakan pola 4-3-1-2 ketika ia melatih "I Rossoneri" dan sukses menjuarai Serie A musim 1998/99. Jika keadaan berubah, ia akan mendorong salah satu pemain belakang untuk mendukung kekuatan lini tengah menjadi 3-4-3. Formasi ini juga pernah ia gunakan sewaktu melatih Udinese.

"Saya ingin menghilangkan mitos selalu bertahan dengan delapan pemain. Namun, untuk mendukung tridente, diperlukan empat gelandang dan pertahanan kuat," ujarnya.

Pekan ini Zaccheroni akan menjajal formasi ini saat bermain lawan Livorno. Juve kemungkinan akan tampil tanpa Felipe Melo karena masih harus beristirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com