Minggu, 23 November 2014

Bola / Liga Italia

Inilah Formasi Baru Juventus

Rabu, 3 Februari 2010 | 00:09 WIB

TURIN, KOMPAS.com - Pelatih Juventus, Alberto Zaccheroni, akan menggunakan formasi baru di timnya. Formasi ini pernah ia gunakan di AC Milan dan Udinese.

Zaccheroni akan mempertimbangkan formasi 4-3-1-2 atau 3-4-3 untuk mengubah formasi 4-2-3-1 yang diterapkan oleh pelatih sebelumnya, Ciro Ferrara. Sistem lama buatan Ferrara diyakini dapat memberi peran lebih banyak kepada striker lapis kedua seperti Diego, Sebastian Giovinco, Mauro Camoranesi.

"Saya meminta tim bermain seperti yang telah mereka lakukan, tapi tidak terjadi. Saya melihatnya agak terlalu memaksa dan muluk-muluk untuk melakukannya," kata Zaccheroni seperti dikutip La Republicca.

"Formasi 4-3-1-2 merupakan salah satu kemungkinan," tambah mantan pelatih AC Milan tersebut.

Zaccheroni sebelumnya pernah menggunakan pola 4-3-1-2 ketika ia melatih "I Rossoneri" dan sukses menjuarai Serie A musim 1998/99. Jika keadaan berubah, ia akan mendorong salah satu pemain belakang untuk mendukung kekuatan lini tengah menjadi 3-4-3. Formasi ini juga pernah ia gunakan sewaktu melatih Udinese.

"Saya ingin menghilangkan mitos selalu bertahan dengan delapan pemain. Namun, untuk mendukung tridente, diperlukan empat gelandang dan pertahanan kuat," ujarnya.

Pekan ini Zaccheroni akan menjajal formasi ini saat bermain lawan Livorno. Juve kemungkinan akan tampil tanpa Felipe Melo karena masih harus beristirahat.


Editor : lhw