Selasa, 2 September 2014

Bola / Liga Indonesia

Derby, Stadion Kanjuruhan Malang Penuh Sesak

Minggu, 10 Januari 2010 | 18:54 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Stadion Kanjuruhan Malang menjelang laga derby Jatim antara kesebelasan Arema Malang melawan Persema Malang pada Minggu (10/1/2010), sekitar pukul 18.30 WIB penuh sesak.

Bukan hanya penuh oleh suporter kedua kesebelasan, namun juga dipenuhi oleh iklan papan (board) di sekeliling lapangan permainan dan iklan dinding di tembok dalam stadion. Setidaknya ada 42 iklan papan yang mengitari lapangan membentuk huruf U, dan 17 iklan dinding yang tertempel di tembok dalam stadion.

Tembok ini biasanya dijadikan tempat memasang spanduk dan atribut dukungan dari suporter. Namun pada laga kali ini diisi oleh iklan. Yang menarik lagi, pemasang iklan papan di sisi lapangan bukan hanya dari perusahaan-perusahaan swasta, namun juga dari dua kampus di Malang (IKIP Budi Utomo dan Unmer Malang), serta dua iklan yang dipasang oleh Aremania (suporter Arema).

Iklan yang dipasang hasil dari sumbangan Aremania tersebut bertuliskan: support Arema Indonesia dan Save Arema Indonesia-Aremania-lets kick racism from football. Aremania menggalang dana untuk membantu Arema yang saat ini tengah mengalami krisis keuangan.

Lapangan kanjuruhan sendiri dipenuhi sekitar 40.000-an Aremania dan diberikan jatah 550-an tiket untuk Ngalamania (suporter Persema). Penuhnya penonton cukup mengejutkan mengingat harga tiket partai ini untuk kelas ekonomi sudah dinaikkan dari Rp15.000 menjadi Rp25.000, tiket VIP biasanya Rp 50.000 naik menjadi Rp 75.000, dan harga tiket VVIP Rp 100.000 per orang.


Editor : Glo