Rabu, 22 Oktober 2014

Bola / Liga Inggris

Wuiiih, Harta Pemilik City Capai 16 Digit

Jumat, 5 September 2008 | 06:21 WIB

MANCHESTER, JUMAT — Manchester City kini mungkin menjadi klub terkaya di dunia setelah dibeli Abu Dhabi United Group (ADUG), sebuah konsorsium bisnis dari Uni Emirat Arab. Terbukti, pimpinan ADUG, Dr Sulaiman Al-Fahim, berani sesumbar akan mengumpulkan pemain-pemain terbaik dunia di klub itu. Bahkan, dia berani menyatakan diri sebagai Roman Abramovich baru.

Saat Abramovich membeli Chelsea tahun 2003, orang terkesiap dengan kekayaannya. Kini, publik pun bisa membayangkan betapa kayanya Al-Fahim.

Ternyata di balik Al-Fahim, pemodal sebenarnya adalah Sheikh Munsoor bin Zayed. Pangeran Uni Emirat Arab itulah yang memiliki modal sesungguhnya, sementara Al-Fahim adalah orang yang dipercaya menjalankan bisnisnya. Tapi, Al-Fahim juga sangat kaya dan mungkin bersaing dengan Abramovich.

Jika sebagai pegawai saja Al-Fahim bersaing dengan pengusaha kelas kakap seperti Abramovich, lalu bagaimana dengan Sheikh Munsoor bin Zayed sendiri? Tentu jauh lebih kaya, bahkan kita mungkin bingung menghitung kekayaannya.

Dia pemilik 90 persen saham di ADUG. Di samping itu, dia memiliki banyak usaha. Yang paling besar tentulah Abu Dhabi Sovereign Wealth Fund. Unit usaha itu dia kontrol bersama adiknya.

Nah, total kekayaan sang pangeran itu diperkirakan mencapai 460 miliar poundsterling. Berapa jika dirupiahkan? Sesuai kurs terbaru, kekayaan itu setara dengan Rp 7.774.621.302.683.534.

Nah, pusing kan menyebut angka itu. Bayangkan saja, kekayaan itu mencapai 16 digit. Artinya, lebih dari triliun. Dari pada pusing, sebut saja tujuh ribu tujuh ratus tujuh puluh empat triliun, sederhannya Rp 7.774 triliun.

Wah, wah, wah. Uang sebesar itu jika dibelikan teh botol mungkin Indonesia tenggelam. Atau, kalau dipecahkan menjadi pecahan Rp 1.000, mungkin jika dijejer bisa menutup nyaris separuh bumi.

Seorang ekspatriat yang pernah tinggal di Abu Dhabi mengatakan, hampir semua bisnis besar di Uni Emirat Arab dikuasai keluarga kerajaan. "Mansoor dan saudara-saudaranya tak hanya penguasa di Uni Emirat Arab. Mereka juga diperlakukan seperti dewa," katanya.

Mansoor juga pemilik dan pemimpin klub olahraga Al Jazeera. Klub ini membawahi berbagai cabang olahraga, dari voli, balap kuda, basket, sampai sepakbola. Semua cabang memiliki fasilitas megah.

Mansoor yang baru berumur 38 tahun itu sangat suka sepak bola dan sering menontonnya. Namun, hobi utamanya sebenarnya balap kuda. Sedangkan Al-Fahim yang baru berumur 31 tahun hanya salah satu orang kepercayaannya yang ditugaskan menjadi bos di ADUG dan Manchester City. Dia sebelumnya developer, juga presenter televisi.

Kini Manchester City menjadi klub terkaya di Inggris, mungkin juga di dunia. Mereka didukung dana yang luar biasa. Bahkan, tak pantas lagi dibandingkan dengan kekayaan Roman Abramovic yang hanya 12 miliar poundsterling  (sekitar Rp 202,7 triliun).

Itu hanya uang receh bagi pemodal utama Manchester City. Uang dengan jumlah 16 digit jelas sulit dibayangkan. Weleh, weleh, weleh, mantap nian! (Berbagai Sumber)


Editor :